Syafruddin Arsyad Temenggung. MI/Bary Fatahillah
Syafruddin Arsyad Temenggung. MI/Bary Fatahillah

Syafruddin Terinspirasi Nelson Mandela

Nasional kasus blbi
Juven Martua Sitompul • 10 Juli 2019 07:39
Jakarta: Mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Arsyad Temenggung bebas dari rumah tahanan (Rutan) K-4 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Syafruddin dilepaskan setelah Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasinya terkait kasus dugaan korupsi Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).
 
Syafruddin mengucap syukur atas putusan MA tersebut. Dia menyebut putusan MA yang membebaskannya dari pusaran rasuah BLBI telah melalui proses yang panjang.
 
"Saya mengucapkan puji syukur kehadirat Allah. Bahwa saya bisa di luar sekarang dan ini adalah satu proses perjalanan panjang," kata Syafruddin di depan Rutan KPK, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syafruddin mengaku terinsipirasi dengan kisah Nelson Mandela yang ditulis dalam buku berjudul Long Walk To Freedom. Bahkan selama di bui, Syafruddin menulis buku yang hampir sama dengan Nelson Mandela. Buku itu berjudul 'Bencana BLBI'.
 
"Buku ini lah yang akan menjelaskan proses yang ada dudalm suat keterangan lunas (SKL) ada yang udah selesai ada yang belum dan memang ada yang tidak kooperatif dari awal di buku ini ada," ujar dia.
 
Syafruddin mengaku telah bersikap kooperatif selama menjalani proses hukum di KPK. Dia juga mengklaim sebagai Ketua BPPN telah menjalankan tugas terkait SKL BLBI dengan baik dan sesuai prosedur.
 
"Jadi setelah selesai itu saya gatau lagi tiba-tiba tahun 2017 jadi tersangka," pungkas Syafruddin.
 
MA sebelumnya mengabulkan kasasi yang diajukan Syafruddin. MA melepaskan Syafruddin atas vonis perkara dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI).
 
Dalam amar putusannya, Majelis Hakim Agung MA membatalkan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang menjatuhkan hukuman 15 tahun pidana penjara dan denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan terhadap Syafruddin.
 


 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif