Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Rekening Bos Cek & Ricek Dibobol Via Pencurian Nomor Ponsel

Nasional kejahatan cyber
Candra Yuri Nuralam • 20 Januari 2020 13:24
Jakarta: Bos media Cek & Ricek Ilham Bintang menjadi korban pembobolan rekening. Pelaku menguras fulus Ilham setelah 'mencuri' nomor telepon selulernya.
 
"Yang bersangkutan melapor sejak Jumat, 17 Januari 2020," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus di Jakarta, Senin, 20 Januari 2020.
 
Polisi sedang menyelidiki kasus ini. Yusri mengatakan Korps Bhayangkara segera memanggil Ilham.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini berproses dulu di mana nanti (laporannya masuk) ke mana, direktorat apa nanti," ujar Yusri.
 
Dalam media sosialnya, Ilham menyebut kasus ini terjadi saat dia sedang berada di Australia, Sabtu, 4 Januari 2020. Ilham mendapati ponselnya tidak mendapatkan sinyal meski sudah mendaftarkan masuk ke jaringan internasional.
 
Ilham tiba-tiba diberitahu Commonwealth Bank bila ada transaksi di pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Januari 2020 melalui nomor ponselnya. Dari situ, Ilham menyadari rekeningnya dibobol.
 
"Pencuri menguras saldo saya dengan cara mentransfer ke hampir seratus rekening. Tidak masuk akal sama sekali," kata Ilham dalam status Facebook, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Wartawan senior itu mendapati ada seseorang yang mengaku sebagai dirinya mendatangi gerai Indosat di Bintaro Jaya Xchange, Tangerang Selatan, Banten, Jumat, 3 Januari 2020. Orang itu meminta pengganti kartu subscriber identity module (SIM) milik Ilham.
 
Ilham langsung mengurus kartunya setibanya di Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020. Dua hari setelahnya dia langsung melaporkan kepada polisi.
 

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif