Chairman Paramount Enterprise Eddy Sindoro saat bersaksi buat terdakwa Lucas - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Chairman Paramount Enterprise Eddy Sindoro saat bersaksi buat terdakwa Lucas - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Eddy Sindoro Sebut Tak Pernah Pakai Jasa Lucas

Nasional suap di ma
Kautsar Widya Prabowo • 17 Januari 2019 16:29
Jakarta: Chairman Paramount Enterprise Eddy Sindoro mengaku tidak pernah menggunakan jasa advokat Lucas. Namun, Eddy memang mengenal Lucas.
 
"Tidak pernah (menggunakan jasa lawyer)," ujar Eddy saat bersaksi buat terdakwa Lucas di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Eddy mengaku meninggalkan Indonesia sejak 2016 dan baru kembali ke Indonesia pada Oktober 2018. Selama dua tahun itu, dia berada di beberapa negara Asia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jepang, Malaysia, Hongkong, Kamboja, dan lain-lain," imbuh Eddy.
 
Dia mengaku keluar negeri untuk untuk menjalani pengobatan. "Saya sakit biasa sehari-harinya saraf kejepit," tambah dia.
 
Eddy menyebut selama di luar negeri selalu dibantu oleh temannya warga negara Singapura, Jimmy. Dia tidak pernah melibatkan kerabatnya termasuk keluarga saat mengalami masalah hukum di Malaysia.
 
(Baca juga:KPK Pegang Rekaman Lucas Rekomendasikan Eddy Kabur)
 
"Saya lupa persisnya saya kenal (Jimmy) 14 atau 15 tahun lalu," imbuh dia.
 
Lucas didakwa menghalangi proses penyidikan KPK terhadap Eddy Sindoro. Lucas diduga membantu pelarian Eddy ke luar negeri.
 
Menurut jaksa, Lucas menyarankan Eddy Sindoro yang telah berstatus tersangka agar tidak kembali ke Indonesia. Lucas juga mengupayakan supaya Eddy masuk dan keluar dari wilayah Indonesia, tanpa pemeriksaan petugas Imigrasi.
 
Hal itu dilakukan supaya Eddy tidak diproses secara hukum oleh KPK. Karena perbuatannya Lucas didakwa melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 
(Baca juga:Anak Eddy Sindoro Ubah BAP)

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif