Juru bicara KPK Febri Diansyah/ANT/Sigid Kurniawan
Juru bicara KPK Febri Diansyah/ANT/Sigid Kurniawan

KPK Siap Menghadapi Praperadilan Tersangka Korupsi Heli AW-101

Nasional helikopter korupsi pembelian helikopter
Juven Martua Sitompul • 06 November 2017 12:41
medcom.id, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menghadapi gugatan praperadilan tersangka korupsi Heli AW-101, Direktur Utama PT Diratama Jaya Mandiri Irfan Kurnia Saleh (IKS). KPK dipastikan menghadiri sidang.
 
"KPK akan menegaskan kewenangan KPK bersama TNI untuk menangani kasus korupsi yang melibatkan pihak sipil dan militer," kata juru bicara KPK Febri Diansyah, Senin 6 November 2017.
 
Febri mengatakan, kerja sama KPK dan TNI merupakan salah satu strategi penting untuk memaksimalkan pemberantasan korupsi di Tanah Air. Baik dalam penindakan atau pencegahan di sektor militer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila korupsi terjadi, lanjut Febri, apalagi terkait pengadaan peralatan yang sifatnya vital di TNI tentu akan berisiko lebih besar terhadap upaya mewujudkan kemanan dan keadilan di tubuh TNI.
 
"Oleh karena itu, harapan KPK proses peradilan ini dapat memperkuat kerja sama KPK dan TNI dalam memerangi korupsi," ujar Febri.
 
Dugaan korupsi pembelian heli AW-101 terbongkar lewat kerja sama antara TNI dan KPK. Sudah ada lima tersangka yang ditetapkan terkait kasus ini, empat dari unsur militer dan satu pengusaha.
 
Kasus ini terbongkar pada April 2017 ketika TNI AU mengadakan satu unit Helikopter AW-101 dengan metode pembelian khusus. Persyaratan lelang harus diikuti dua pengusaha. Dalam hal ini ditunjuk PT Karya Cipta Gemilang dan PT Diratama Jaya Mandiri.
 
PT Diratama Jaya Mandiri diduga telah melakukan kontrak langsung dengan produsen heli AW-101 senilai Rp514 miliar. Namun, pada Februari 2016, saat meneken kontrak dengan TNI AU, PT Diratama Jaya Mandiri menaikkan nilai kontraknya menjadi Rp738 miliar.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif