Pemberhentian Gubernur Aceh Tunggu KPK
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf duduk di salah satu ruangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh di Banda Aceh, Aceh, Selasa (3/7) - ANT/Ampelsa.
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri belum mau buru-buru memberhentikan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi. Keduanya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa, 3 Juli 2018. 

"Kami tunggu (kabar) yang resmi dari aparat penegak hukum," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar saat dikonfirmasi, Rabu, 4 Juli 2018.

Bahtiar menyebut, saat ini penyidik KPK masih memeriksa keduanya. Komisi juga belum memberikan keterangan resmi pada Kemendagri. 


Dia menyebut, bila sudah ada penetapan tersangka dan ditahan oleh KPK, pihaknya baru bisa memberhentikan keduanya. 

"Jika positif ditahan, maka akan ditindaklanjuti dengan surat penugasan wagub/wabup sebagai Plt," beber Bahtiar.

Sebaliknya, jika keduanya tak ditahan, maka, mereka tetap menjalankan tugas dan wewenang. Hal ini, kata dia, sesuai dengan Pasal 65 dan Pasal 66 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

(Baca juga: Uang Ratusan Juta Diamankan dari Gubernur Aceh)

Bahtiar menyesalkan perilaku koruptif yang terus dilakukan kepala daerah. Padahal, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terus mengingatkan agar mereka menjauhi hal tersebut. 

Bahkan, pesan itu disampaikan belum lama ini. "Pada pengukuhan pengurus APPSI, Senin, 2 Juli 2018, Mendagri telah mengingatkan kembali dan beliau tak henti-hentinya ingatkan kepala daerah dan aparatur tentang area rawan korupsi," tukas Bahtiar.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan OTT di Aceh. 10 orang ditangkap dalam operasi senyap tersebut, dua di antaranya merupakan kepala daerah.

"KPK melakukan kegiatan penindakan di Aceh dan mengamankan 10 orang yang terdiri dari dua kepala daerah dan sejumlah pihak non PNS," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa, 3 Juli 2018.

Informasi dihimpun, dua kepala daerah yang diamankan adalah Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi. Kedua kepala daerah ini ditangkap bersama dengan delapan orang lainnya usai melakukan transaksi suap.

"Diduga sebelumnya telah terjadi transaksi yang melibakan penyelenggara negara di tingkat provinsi dan salah satu kabupaten di Aceh," ujarnya.

(Baca juga: Bupati Bener Meriah Ditangkap KPK usai Ngopi)
 



(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id