Deputi Komisioner Humas dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo. Metro TV
Deputi Komisioner Humas dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo. Metro TV

Sesuai Aturan, Maybank Mesti Ganti Rugi Uang Winda Earl

Nasional kasus penggelapan kasus pembobolan dana
Renatha Swasty • 11 November 2020 06:32
Jakarta: Deputi Komisioner Humas dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo menyebut pelaku jasa keuangan mesti mengembalikan uang nasabah yang raib bila terjadi kelalaian. Uang nasabah Maybank Winda Lunardi alias Winda Earl dan ibunya, Floletta, senilai Rp22 miliar digasak Kepala Cabang Maybank Cipulir, AT.
 
Hal ini sesuai Peraturan OJK Nomor 1 Tahun 2013 tentang Perlindungan Konsumen tentang Jasa Keuangan. Pasal 29 menyebut menjadi tanggung jawab pelaku usaha jasa keuangan atas kerugian konsumen yang timbul akibat kesalahan dan atau kelalaian pengurus, pegawai usaha jasa keuangan, atau pihak ketiga yang bekerja dengan pelaku usaha jasa keuangan.
 
"Tapi tentu ini harus dibuktikan adanya kelalaian atau kesalahan tersebut. Sehingga bank dalam hal ini mengalami kelalaian harus bertanggung jawab," kata Anto dalam PrimeTalk Metro Tv, Selasa, 10 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anto menyebut pembuktian itu melalui putusan hakim di pengadilan. Semua pihak diminta menunggu proses yang tengah berjalan di kepolisian.
 
Sementara itu, pakar hukum perbankan Yunus Husein menyebut bank bisa dimintai pertanggungjawaban bila pihak eksternal terbukti bersalah. Meski, bank juga dirugikan dalam kasus ini.
 
"Tapi kalau menurut saya, kalau diganti bisa membantu memperbaiki industri perbankan menjadi lebih baik. Sehingga bank bisa dipercaya," tutur dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif