Sidang pembacaan tuntutan  Dede Lutfi Alfiandi. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Sidang pembacaan tuntutan Dede Lutfi Alfiandi. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Lutfi Pembawa Bendera Dituntut Empat Bulan Bui

Nasional demo mahasiswa Demo Massa Penolak Pemilu
Fachri Audhia Hafiez • 29 Januari 2020 18:07
Jakarta: Terdakwa kasus dugaan melawan polisi saat demonstrasi 30 September 2019, Dede Lutfi Alfiandi, dituntut empat bulan penjara. Lutfi dinilai terbukti terlibat unjuk rasa yang membuat keresahan masyarakat.
 
"Menuntut agar Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang mengadili dan memeriksa perkara ini memutuskan menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana," ujar jaksa penuntut umum Andri Saputra di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Rabu, 29 Januari 2020.
 
Lutfi dinilai terbukti melanggar Pasal 218 KUHP. Pasal ini mengatur orang-orang yang tidak menggubris perintah polisi keluar dari kerumunan meski telah diperintah tiga kali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal-hal yang memberatkan hukuman Lutfi yakni perbuatannya meresahkan masyarakat. Sedangkan hal yang meringankan, Lutfi menyesali dan mengakui perbuatannya.
 
Lutfi menyampaikan nota pembelaan atau pleidoi secara lisan. Dia meminta dibebaskan dari segala tuntutan jaksa.
 
"Saya tidak bersalah, intinya minta dibebaskan," ujar Lutfi.
 
Kuasa hukum juga menilai Pasal 218 KUHP tak tepat dijatuhkan kepada Lutfi. Isi tuntutan disebut tidak masuk dalam unsur dakwaan. Majelis hakim menjadwalkan pembacaan putusan atau vonis Lutfi pada Kamis, 30 Januari 2020.
 
Lutfi didakwa melawan polisi saat demonstrasi pada 30 September 2019. Lutfi didakwa berniat membuat keonaran. Jaksa menyebut, Lutfi bukan pelajar seperti yang beredar di publik.
 
Lutfi diajak demo olah temannya, Nandang. Jaksa menilai seragam sekolah yang dikenakan Lutfi buat mengelabui polisi dan peserta demo lainnya.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif