Diskusi terkait seleksi calon hakim ad hoc Tipikor. Medcom.id/Whisnu
Diskusi terkait seleksi calon hakim ad hoc Tipikor. Medcom.id/Whisnu

Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Minim Pengalaman

Nasional tipikor
Whisnu Mardiansyah • 07 Juli 2019 23:04
Jakarta: Koalisi Masyarakat Sipil Pemantau Peradilan menilai calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi (Tipikor) minim pengalaman soal tipikor. Padahal mereka disiapkan sebagai pemutus akhir perkara korupsi di persidangan.
 
"Hal ini patut disayangkan karena keahlian merupakan salah satu kualitas utama yang diharapkan dari hakim ad hoc tipikor," kata Peneliti Koalisi Masyarakat Sipil Pemantau Peradilan Rizki Yudha saat jumpa pers di Bakoel Koffie, Jakarta Pusat, Minggu 7 Juli 2019.
 
Dengan pengalaman dan kualitas yang teruji, hakim tipikor diharapkan dapat membantu majelis menggali fakta-fakta yang relevan yang dibutuhkan untuk memutuskan perkara tindak pidana korupsi. Pengalaman dan kepakaran calon dapat dilihat tulisan dan publikasi soal isu antikorupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terkait kompetensi di bidang tipikor, tidak banyak peserta mengeluarkan tulisan dan publikasi yang melegitimasi soal tipikor," jelas Rizki.
 
Berdasarkan hasil pengumpulan informasi dan penelusuran 125 calon, hanya sedikit yang mencantumkan pengalamannya yang bersentuhan dengan isu antikorupsi. Padahal, banyak calon yang berlatar belakang di bidang hukum. Seperti advokat, penegak hukum dan akademisi.
 
"Beberapa lainnya berprofesi sebagai hakim serta beberapa oditur dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS)," ujar Rizki.
 
Senin 11 Februari 2019, Mahkamah Agung RI Membuka Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tahap XI Tahun 2019. Berdasarkan Pengumuman Penerimaan Calon Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Tingkat Banding dan Tingkat Pertama Tahap XI Tahun 2019. Nomor : 06 /Pansel/Ad Hoc TPK/II/2019.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif