Komjen Idham Azis saat menjadi kepala Polda Metro Jaya. Medcom.id/Deny Irwanto
Komjen Idham Azis saat menjadi kepala Polda Metro Jaya. Medcom.id/Deny Irwanto

Pengamat: Rekam Jejak Idham Azis Positif

Nasional Calon Kapolri
Achmad Zulfikar Fazli • 25 Oktober 2019 20:08
Jakarta: Keputusan Presiden Joko Widodo memilih Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Idham Azis sebagai calon tunggal kapolri dinilai tepat. Idham dianggap punya rekam jejak yang positif selama kariernya di korps Bhayangkara.
 
"Normatifnya memang memenuhi syarat dan bintang tiga, cukup senior dan track record selama ini baik, tidak ada hal yang negatif yang diangkat atau sempat diberitakan. Jadi menurut saya tidak ada masalah," kata akademisi dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Chairul Huda, saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Dari sisi senioritas dan angkatan, Idham merupakan jenderal bintang tiga. Sehingga, tak ada alasan bagi legislator untuk menghambat langkah mantan Kapolda Metro Jaya itu menduduki orang nomor satu di kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kan pilihan presiden, sudah dipertimbangkan juga oleh Kompolnas. Jadi tidak ada hal yang kemudian bisa menyebabkan ini terhambat," ujar pakar hukum pidana ini.
 
Idham menjadi calon kuat untuk menggantikan Tito Karnavian yang menjadi Menteri Dalam Negeri di Kabinet Indonesia Maju. Huda pun meminta publik tidak membandingkan gaya kepemimpinan Idham dan Tito. Setiap orang punya gaya dalam memimpin sebuah institusi, sehingga tidak bisa disamakan satu dengan lainnya.
 
"Tito dengan gaya kepemimpinannya sudah jadi masa lalu buat Polri, sudah selesai tugasnya. Nah, Idham juga tentu punya gaya kepemimpinan tersendiri, kita tidak bisa kemudian mengharapkan bahwa gayanya sama. Tentu berbeda, masing-masing orang kan punya style tersendiri," jelas dia.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif