Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Foto: MI/Rommy.
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Foto: MI/Rommy.

KPK Tak Mencampuri Kabinet Pemerintahan Baru

Nasional kabinet
Juven Martua Sitompul • 14 Mei 2019 13:08
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak akan merekomendasikan nama-nama calon menteri atau kabinet pada pemerintahan terpilih. Alasannya, pemilihan calon kabinet merupakan hak prerogatif presiden.
 
"Sebaiknya begitu (tidak merekomendasikan), karena saya percaya hak preogratif tidak harus didekati dari sisi integritas versi KPK," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.
 
Saut menegaskan KPK sebagai lembaga independen harus hati-hati dalam mengeluarkan rekam jejak seseorang. Apalagi, kata dia, Lembaga Antirasuah tidak sulit 'menelanjangi' integritas seseorang dari sisi rekam jejaknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Data yang ada di masyarakat dan di KPK paling yang membedakanya hanya potensinya atau indikasi seseorang, dan informasi dalam kaitan penindakan," ujarnya.
 
Menurut Saut, saat ini tidak ada riwayat hidup yang bisa disembunyikan, apalagi soal perilaku seseorang. Sebab, setiap orang pasti memiliki catatan tentang orang terdekatnya.
 
Baca: Cak Imin Minta 'Kabinet Zaken' Jokowi Didominasi Partai
 
Saut mengatakan penilaian KPK terkait rekam jejak seseoang harus disampaikan pada waktu dan ruang yang benar. Dengan begitu, KPK tidak terperosok pada kepentingan politik pihak tertentu.
 
"Jadi persoalanya kapan dan di mana, serta apakah KPK yang menyampaikan rekam jejak perorangan itu memang perlu harus dikaji lebih hati-hati," ucapnya.
 
Di sisi lain, Saut berharap orang-orang yang duduk di kursi pemerintahan berintegritas. Terpenting, calon menteri bersikap jujur, pekerja keras, tanggung jawab, peduli, mandiri, disiplin, berani, sederhana dan adil.
 
"Itu integritas versi KPK ya. Sekali lagi, ini wewenang prerogatif bukan tergantung KPK," pungkasnya.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif