Buruh dari sejumlah elemen menyalakan kembang api saat May Day di Jakarta. Foto: Antara
Buruh dari sejumlah elemen menyalakan kembang api saat May Day di Jakarta. Foto: Antara

Sebagian Pengikut Geng Anarko Sindikalism Remaja

Nasional hari buruh
Cindy • 03 Mei 2019 13:55
Jakarta: Polisi mengidentifikasi sebagian pengikut Anarko Sindikalism yang rusuh saat peringatan Hari Buruh Internasional atau Mayday di Bandung, Jawa Barat, merupakan remaja. Mereka juga diduga terlibat dalam aksi vandalisme di Gedung Sate.
 
"Tataran (pendidikan) paling tinggi kuliah, ada yang SMA, bahkan ada yang SMP," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Dedi mengatakan Polda Jabar mengidentifikasi ada 619 anggota Anarko Sindikalism yang terdiri dari 326 dewasa dan 293 remaja. Pola penanganan kepolisian untuk pelaku di bawah umur yakni pembinaan dari orang tua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Polda Jabar dan Polrestabes Bandung memanggil seluruh orang tua kemudian polanya adalah pola persuasif, pembinaan," ucap Dedi.
 
Pelibatan orang tua alih-alih sanksi pidana dinilai lebih efektif dilakukan. Sebabnya, anak-anak rentan terdoktrin hal-hal negatif.
 
"Kelompok usia segitu sangat rentan, mencari identitas sendiri. Karena kalau misalnya mereka mencari jati diri itu nanti bisa disusupi oleh doktrin-doktrin yang salah. Ini berbahaya," jelas dia.
 
Aksi vandalisme terjadi saat peringatan Hari Buruh Internasional, Rabu, 1 Mei 2019. Peristiwa ini salah satunya terjadi di kawasan Patung Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat. Tulisan kapital digoreskan di beton pembatas jalan: Rakyat Anti Kapitalisme May Day Rezim Fasis.
 
Sejumlah buruh juga bentrok dengan polisi di depan Halte Busway Tosari, Jakarta Pusat. Tak cuma di DKI Jakarta, aksi serupa juga terjadi di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, dengan mencoret-coret dinding.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif