Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Terduga Teroris Jaringan Sibolga Ditangkap di Berau

Nasional terorisme Ledakan di Sibolga
Lukman Diah Sari • 20 Maret 2019 20:26
Jakarta: Detasemen khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap terduga teroris jaringan Lampung dan Sibolga di Berau, Kalimantan Timur. Terduga teroris yang ditangkap atas nama M alias Abu Arkam ditangkap pada Selasa, 19 Maret 2019.
 
"Yang bersangkutan terdeteksi dari jejaring komunikasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Dedi mengungkap, Abu Arkam merencanakan amaliah dengan sasaran utama aparat keamanan. Abu Arkam, kata Dedi, diketahui rajin berkomunikasi dengan sel teroris lain. Jaringan Abu Arkam memiliki motivasi memburu siapa saja yang menjelekan organisasi teroris ISIS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian yang bersangkutan juga dalam hasil komunikasi betul-betul memiliki keinginan kuat untuk sesegera mungkin melakukan amaliah," bebernya.
 
Dedi mengungkapkan, Abu Arkam masih satu jaringan dengan teroris di Lampung dan Sibolga yang ditangkap beberapa hari lalu. Para terduga teroris ini termasuk dalam Jamaah Asharut Daulah (JAD), dan berafiliasi dengan ISIS.
 
"Saat ini sedang diperiksa didalami dalam rangka memitigasi ancaman teror," ujarnya.
 
Sebelumnya, Densus 88 menangkap terduga teroris di beberapa tempat. Terduga teroris inisial R alias P ditangkap lebih dulu di Lampung pada 9 Maret 2019. Lalu, Densus juga menggerebek tiga pelaku teror di Sibolga pada 12 Maret 2019. Sehari kemudian, dua terduga teroris ditangkap di Tanjung Balai, dan satu terduga teroris di Klaten.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif