Munarman saat ditangkap/Istimewa
Munarman saat ditangkap/Istimewa

Sejumlah Tahanan Bakal Jadi Saksi Sidang Munarman

Fachri Audhia Hafiez • 12 Januari 2022 12:58
Jakarta: Sidang kasus dugaan tindak pidana terorisme dengan terdakwa Munarman memasuki agenda pemeriksaan saksi. Sejumlah saksi yang akan dihadirkan berstatus tahanan di sejumlah rumah tahanan (rutan).
 
"Saksinya hampir semua sih kebanyakan ditahan di Polda, atau di Cikeas, sisanya ada di Makassar. Insyaallah sidangnya juga offline, pasti dihadirkan langsung," kata anggota tim kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar, usai persidangan di PN Jaktim, Rabu, 12 Januari 2022.
 
Identitas saksi tidak bisa dibeberkan. Hal ini mengingat kerahasiaan seluruh perangkat persidangan dalam perkara terorisme.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena pertimbangan kerahasiaan jadi tidak disebutkan, tapi kita sudah ada. Tetapi kita belum bisa disampaikan karena pertimbangan kepentingan undang-undang," ujar Aziz.
 
Baca: Nasib Perkara Munarman Ditentukan 12 Januari 2022
 
Di sisi lain, persidangan akan dilaksanakan dua kali sepekan. Majelis hakim menjadwalkan persidangan pada Senin dan Rabu.
 
"Insyaallah pemeriksaan saksi pada hari Senin yang akan datang dan hari Rabu. Jadi sepekan dua kali karena banyaknya saksi," ujar Aziz.
 
Pada perkara ini, Munarman itu didakwa merencanakan atau menggerakkan orang lain melakukan tindak pidana terorisme. Eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) itu disebut menggunakan ancaman kekerasan yang diduga untuk menimbulkan teror secara luas.
 
Munarman juga diduga menyebar rasa takut hingga berpotensi menimbulkan korban yang luas. Selain itu, perbuatannya mengarah pada perusakan fasilitas publik.
 
Aksi Munarman diduga berlangsung pada Januari hingga April 2015. Munarman menggerakkan aksi terorisme di Sekretariat FPI Kota Makassar, Markas Daerah Laskar Pembela Islam (LPI) Sulawesi Selatan, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Sudiang Makassar, dan Pusat Pengembangan Bahasa (Pusbinsa) UIN Sumatra Utara.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif