Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Luncurkan Aplikasi Perpanjangan SIM Online, Polri Klaim Perdana di Dunia

Siti Yona Hukmana • 13 April 2021 18:33
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi meluncurkan aplikasi SINAR untuk pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) berjuluk Sinar SIM Nasional Presisi. SIM online itu disebut perdana di Indonesia.
 
"Berdasarkan informasi-informasi dari beberapa teman di luar memang aplikasi ini baru pertama kali di Indonesia. Kami berusaha untuk berbuat yang terbaik untuk masyarakat," kata Listyo di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa, 13 April 2021.
 
Listyo menuturkan aplikasi SINAR yang dapat diunduh di Play Store itu membuktikan Korlantas mampu mengubah pelayanan kepolisian menjadi lebih baik. Sebab, selama ini kegiatan pelayanan perpanjangan SIM selalu dilakukan dengan berinteraksi antarmasyarakat dengan petugas, baik di mobil SIM Keliling maupun di Satpas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun, hari ini masyarakat di Indonesia baik yang di dalam maupun di luar negeri kita harapkan bisa mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM dari rumah atau di mana masyarakat tersebut berada, cukup dengan menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional atau SINAR yang ada di handphone," ujar Listyo.
 
Listyo mengatakan kini masyarakat dapat mengurus SIM dari rumah. Cara pengambilan SIM dapat dipilih sesuai keinginan, baik datang ke Satpas terdekat atau pengiriman melalui PT Pos.
 
"Harapan kita tentunya ke depan pelayanan-pelayanan kepolisian akan semakin baik, semakin memanfaatkan teknologi informasi," ungkap jenderal bintang empat itu.
 
(Baca: Ini Cara Perpanjangan SIM Sambil Rebahan)
 
Aplikasi SINAR juga bisa melayani perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Listyo menyebut data pelayanan di aplikasi SINAR terkoneksi dengan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan tilang elektronik atau e-TLE.
 
"Kita bisa mengelola big data dengan memanfaatkan artifisial intelijen. Untuk melakukan penegakan hukum dengan memanfaatkan teknologi kita bisa melakukan pembuktian secara scientific crime justifikasi," ujar Listyo.
 
Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan peluncuran SIM online itu sesuai visi-misi program 100 hari Kapolri. Yakni modernisasi sarana dan prasarana pelayanan publik yang berbasis informasi dan teknologi (IT).
 
"Tujuan SIM online mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan SIM di mana saja dan kapan saja," ujar Istiono.
 
Acara peluncuran diikuti secara virtual oleh para Kapolda seluruh Indonesia dan perwakilan masyarakat, mahasiswa di Indonesia dan di luar negeri. Peluncuran dilakukan secara langsung dengan mengaplikasikan SINAR Korlantas.
 
Aplikasi itu langsung didemo oleh perwakilan mahasiswa dari Universitas Indonesia, ulama atau santri di pondok pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, dan komunitas ojek di Denpasar Bali. Serta penyampaian testimoni dari perwakilan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Australia dan Malaysia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif