Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. ANT/Hafidz Mubarak.
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. ANT/Hafidz Mubarak.

Tak Semua Orang Bisa Laporkan Penghinaan Presiden

Nasional rancangan kuhp
Candra Yuri Nuralam • 20 September 2019 18:47
Jakarta: Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) akan memberikan kejelasan terkait penghinaan kepada Presiden dan Wakil Presiden. Laporan penghinaan terhadap presiden tidak bisa dilakukan setiap orang.
 
"Ketentuan ini dimaksudkan untuk menyadarkan atau mengajukan kritik kepada pendapat yang kebijakan pemerintah tidak ada masalah. Dan itu delik aduan dan harus dilaporkan langsung oleh presiden sendiri," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly di Kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 20 September 2019.
 
Yasonna mengatakan penghinaan merupakan tindakan merendahkan martabat presiden dan wakil presiden secara personal. Hal itu seperti menyerang nama baik presiden dan wakil presiden di muka umum, menista dengan surat, memfitnah, dan menghina dengan tujuan memfitnah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menkumham membantah penghinaan berarti pembungkaman kebebasan berkespresi di muka umum. Yasonna meminta masyarakat membedakan kritik dan hinaan.
 
"Contohnya kalau kalian mengatakan kepada saya Yasonna Laoly tak becus mengurus undang-undang, tak becus urus lapas, tak becus urus ini itu sah saja, karena itu pendapat publik. Namun kalau kamu bilang saya anak haram jadah, saya kejar kau sampai ke liang lahat. Itu bedanya antara harkat martabat dengan kritik," terangnya.
 
Politikus PDI Perjuangan itu menyebut menghina presiden juga tak sesuai dengan norma di Indonesia. Hal ini, kata dia, juga berlaku terhadap kepala negara lain yang berkunjung ke Indonesia.
 
"Penyerangan harkat dan martabat terhadap negara sahabat juga sama, jadi jangan dan ini sudah mempertimbangkan keputusan mahkamah konstitusi mengenai pasal ini yang sebelumnya sudah dibatalkan," ucapnya.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif