Utut Adianto memimpin rapat paripurna RUU Keamanan dan Ketahanan Siber disahkan sebagai usul inisiatif DPR (Foto:Antara/Dhemas Reviyanto)
Utut Adianto memimpin rapat paripurna RUU Keamanan dan Ketahanan Siber disahkan sebagai usul inisiatif DPR (Foto:Antara/Dhemas Reviyanto)

Hal yang Jadi Fokus RUU Keamanan dan Ketahanan Siber

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 04 Juli 2019 18:48
Jakarta: Rancangan Undang-Undang (RUU) Keamanan dan Ketahanan Siber ditetapkan sebagai inisiatif DPR. Diharapkan, aturan tersebut dapat menjamin keamanan dan kedaulatan siber nasional.
 
Anggota Komisi I DPR RI Elnino Husein Mohi mengatakan, payung hukum keamanan dan kedaulatan siber sangat dibutuhkan. Mengingat, banyak kasus peretasan yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan.
 
"Kita mesti memiliki pertahanan yang kuat di situ. Situs TNI juga, situs semua lembaga negara kita harus kuat. Jangan sampai dengan mudahnya diretas, di-hack oleh pihak luar negeri," kata Elnino, usai Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Gerindra itu menyebutkan, pembahasan RUU Keamanan dan Ketahanan Siber juga harus menjamin menjamin kedaulatan siber nasional. Memberikan manfaat kepada kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Misalnya, belanja bandwith, nilai konsumsi transfer data yang mencapai triliunan rupiah. Menurutnya, saat ini nilai tersebut tidak sebanding dengan manfaat yang diberikan karena banyak konten yang diakses dianggap tidak produktif dan tak mencerdaskan anak bangsa.
 
"Ini juga harus kita perhatikan. Dalam RUU ini harus jadi sesuatu yang dianggap penting," kata dia.
 
Saat ditanya apakah waktu pembahasan cukup karena periode 2014-2019 akan berakhir, Elnino tidak yakin. Dia menyebutkan, tugas pembahasan bisa dilanjutkan pada periode selanjutnya.
 
"Yang jelas bahwa DPR sekarang ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang penting dari keamanan siber kita, pertahanan siber kita yang harus ditangani UU," ujar dia.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif