Ilustrasi penangkapan pelaku. Medcom.id
Ilustrasi penangkapan pelaku. Medcom.id

Ketua Adat Kinipan Kalteng Ditangkap

Nasional pencurian kehutanan Effendi Buhing
Siti Yona Hukmana • 27 Agustus 2020 09:49
Jakarta: Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) menangkap Ketua Adat Kinipan, Effendi Buhing. Penangkapan terkait tiga laporan dari PT Sawit Mandiri Lestari (SML).
 
"Pada prinsipnya Polda Kalteng profesional dalam menanggapi laporan polisi tersebut dengan bukti permulaan yang cukup sehingga perlu dilaksanakan penangkapan," kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.
 
Hendra menyebut penangkapan Effendi bukti polisi tidak tebang pilih. Sebab, semua pihak mempunyai hak yang sama di muka hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mempersilakan pihak-pihak yang tak setuju dengan penangkapan itu menjelaskan saat pemeriksaan. "Nanti dari penangkapan ini tentu ada pemeriksaan dan penyidikan, ini dapat memberikan ruang jawab atas laporan tersebut," ujar Hendra.
 
Namun, Hendra belum memerinci permasalahan antara Effendi dan PT SML. Berdasarkan informasi yang dihimpun, PT SML masuk Kecamatan Batang Kawa, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah pada 2012.
 
Warga menilai PT SML telah mengakibatkan wilayah adat dan hidup masyarakat adat Laman Kinipan terancam. Masyarakat telah turun temurun tinggal di wilayah tersebut. Sebanyak 239 keluarga dengan 938 jiwa menggantungkan hidup dari hutan.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif