Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Dok Humas Polri.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Dok Humas Polri.

Kapolri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J Sore Ini

Siti Yona Hukmana • 09 Agustus 2022 08:34
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menyampaikan perkembangan terbaru kasus insiden berdarah yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Selasa sore, 9 Agustus 2022. Salah satu informasi yang akan diungkap terkait penetapan tersangka baru. 
 
"Ya, nanti sore Pak Kapolri langsung yang akan sampaikan oke," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada Medcom.id, Selasa, 9 Agustus 2022. 
 
Namun, Dedi belum dapat memastikan waktu konferensi pers tersebut. Dia hanya menyebut pengumuman kemungkinan di atas pukul 16.00 WIB. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di atas jam 16.00, coba koordinasi dengan Karo (Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan) nanti sampaikan ke teman-teman," ungkap jenderal bintang dua itu. 
 
Selain pengumuman penetapan tersangka baru, Dedi menyebut Kapolri juga akan menyampaikan perkembangan terkait puluhan anggota yang diperiksa inspektorat khusus (itsus). Terutama, soal jumlah anggota yang diperiksa bertambah menjadi 26, setelah Irjen Ferdy Sambo disebut juga terlibat menghilangkan barang bukti. 
 
"Nanti akan disampaikan juga," ujar dia.
 

Baca: Mahfud Isyaratkan Pengumuman Tersangka Baru Kasus Brigadir J Hari Ini


Penetapan tersangka baru dalam kasus Brigadir J diungkap Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Mahfud membeberkan jumlah tersangka sudah tiga saat menghadiri sidang kabinet di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 8 Agustus 2022.
 
"Ya memang harus hati-hati kan tersangkanya sudah tiga, tiga itu bisa berkembang dan Pasalnya itu 338, 340 yang baru ya pembunuhan berencana dan nanti itu akan menjangkau ke yang lebih jelas lagi perannya apakah aktor intelektual ataukah eksekutor," kata Mahfud di Istana Negara, Senin, 8 Agustus 2022.
 
Ketiga tersangka itu ialah ajudan Sambo, Bhayangkara Dua (Bahrada) Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E); ajudan Putri Candrawathi, Brigadir Ricky Rizal (RR); dan sopir Putri, K. Bharada E dijerat Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 dan 56 KUHP. Sedangkan, Brigadir Ricky dikenakan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 jo Pasal 55 dan 56 KUHP. Sementara itu, pasal yang dikenakan terhadap K belum dibeberkan, pasalnya polisi dikabarkan baru akan mengungkap penetapan tersangka K sore ini.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif