Ilustrasi kendaraan mudik. Medcom.id
Ilustrasi kendaraan mudik. Medcom.id

Waspada Macet Libur Panjang di Titik Ini

Nasional lalu lintas mudik libur panjang
Siti Yona Hukmana • 27 Oktober 2020 18:22
Jakarta: Arus mudik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW diprediksi terjadi pada Selasa malam, 27 Oktober 2020. Masyarakat diimbau memperhatikan ruas jalan yang akan dilalui untuk menghindari kemacetan.
 
"Beberapa titik kemacetan yang perlu diwaspadai adalah Simpang Cikunir, Simpang Cawang, KM (kilometer) 10 pintu masuk elevated, KM 28 menjelang gerbang Tol Cikarang Barat, KM 29 di Cikarang Utama, KM 33 Cikarang Barat sampai di perbatasan wilayah hukum Polda Metro Jaya KM 42," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Sambodo memprediksi ruas jalan tersebut akan padat sejak siang hari, khususnya yang mengarah ke Cikampek. Polisi melarang kendaraan truk sumbu tiga ke atas melalui jalan tol. Truk akan dialihkan ke jalur arteri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepolisian juga telah menyiapkan skenario untuk mencegah kepadatan kendaraan, baik contra flow maupun one way dari arah Jakarta menuju Cikampek. Rekayasa itu untuk arus liburan ke luar Jakarta.
 
"Kita juga harus bersiap untuk Minggu (1 November 2020) untuk menerima kedatangan masyarakat yang kembali ke Ibu Kota mulai dari Minggu siang sampai Senin dini hari (2 November 2020)," ujar Sambodo.
 
Baca: 20.190 Orang Bakal Keluar Jakarta Menggunakan Kereta Api pada Libur Panjang
 
Sebanyak 769 personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dikerahkan memantau pergerakan masyarakat saat libur panjang ini. Ratusan personel itu telah melakukan apel pengamanan libur panjang di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.
 
Sambodo meminta anggotanya melaksanakan tugas dengan baik serta mengedepankan persuasif dan humanis. Sambodo juga meminta anggotanya untuk menjaga kesehatan.
 
Seluruh anggota Dirlantas Polda Metro Jaya diwajibkan membawa jaket dan jas hujan. Sambodo juga meminta anggotanya tidak ada yang berteduh saat hujan.
 
"Pakai mantelmu, pakai jaketmu, pakai sepatu karetmu, tetap bertahan walau hujan deras. Karena ketika hujan deras kita yang diharapkan untuk mencarikan arus lalu lintas," tutur Sambodo.
 
Dia berharap libur panjang Oktober 2020 ini aman dan lancar. Terpenting, masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus korona (covid-19).
 
Polisi membuat 16 pos pengamanan (pospam) libur panjang. Berikut 16 titik-titik pos pam tersebut.

A. Pospam di jalur tol

1. Cikunir KM 9
2. Rest Area KM 19
3. Cikarang Utama KM 29
4. Rest Area KM 33
5. Rest Area KM 39
6. Rest Area Kunciran KM 13 (ke arah Merak)
7. Exit tol Cibubur depan Buperta (arah bogor).

B. Pospam arus balik jalur tol

1. Cikunir 2 KM 10
2. Rest Area KM 6
3. Rest Area Karang Tengah KM 14.

C. Pospam jalan arteri

1. Pangkalan Jati
2. Bekasi Cyber Park
3. Ganda Suka.

D. Pospam tempat wisata

1. Ragunan
2. Ancol
3. Taman Mini.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif