Irwandi Sempat Minta Steffy tak Cemaskan Dana Marathon
Penggagas Aceh Marathon Steffy Burase - MI/Pius Erlangga.
Jakarta: Mantan model Steffy Burase mengaku diminta langsung oleh Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf untuk menyukseskan gelaran Aceh Marathon. Ia menyanggupi permintaan tersebut.

Hal itu terungkap saat Steffy dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Bupati Bener Meriah Ahmadi dalam sidang lanjutan perkara suap kepada Irwandi. Steffy mengaku sejak awal mengonsep dan mempresentasikan Aceh Marathon ke pemerintah setempat.

"Saya konseptor. Itu makanya saya presentasikan event itu dari awal sampai akhir. Itu atas permintaan bapak gubernur," kata Steffy di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober 2018.


Ia mengatakan, Irwandi yang dikenalnya di sebuah festival di Moskow, Rusia pada 2017 itu memintanya untuk mempromosikan Serambi Mekah. Menurut dia, mempromosikan Aceh saat itu tak hanya lewat Aceh Marathon, tapi juga Sail Sabang.

Steffy mengatakan, saat mengonsep Aceh Marathon ia juga dibantu oleh kenalannya, Teuku Saiful Bahri. Belakangan diketahui Saiful merupakan salah satu orang kepercayaan Irwandi.

"Saya pernah melakukan event lari, tapi sangat berantakan karena masalah anggaran. Lalu Pak Saiful bilang akan dibantu cari dana talangan, jadi saya enggak perlu khawatir, tinggal selenggarakan," ucap dia. 

(Baca juga: Pernikahan Siri Irwandi-Steffy Didalami)

Hal itu kemudian dipertegas kembali oleh Irwandi. Menurut dia, Irwandi menyampaikan jika tugasnya hanya menyukseskan Aceh Marathon.

"Pak Gubernur cuma bilang tugas saya sukseksan Aceh Marathon. Urusan dana jadi urusan pemerintah Aceh," ungkap Steffy.

Dalam kasus ini, Gubernur Irwandi diduga meminta jatah sebesar Rp1,5 miliar terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018. Irwandi meminta jatah tersebut kepada Bupati Bener Meriah, Ahmadi.

Uang itu diduga mengalir ke sejumlah kegiatan di Aceh. Termasuk salah satunya kegiatan Aceh Marathon yang digagas Steffy.

Namun, Bupati Ahmadi baru menyerahkan uang sebesar Rp500 Juta kepada Gubernur Irwandi lewat dua orang dekatnya yakni Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri. ‎Diduga, pemberian tersebut merupakan bagian komitmen fee 8 persen yang menjadi bagian untuk pejabat di Pemerintah Aceh.


 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id