Koordinator ICW Adnan Topan Husodo. Foto: Antara/Aprilio Akbar
Koordinator ICW Adnan Topan Husodo. Foto: Antara/Aprilio Akbar

Cara Jadi 'Mahasiswa' di Akademi Antikorupsi

Nasional antikorupsi
Fachri Audhia Hafiez • 19 April 2018 15:41
Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) resmi meluncurkan Akademi Antikorupsi. Program pendidikan untuk melawan berbagai tindakan korupsi tersebut menerapkan sistem pembelajaran daring atau online.
 
Koordinator ICW Adnan Topan Husodo menjelaskan, bagi calon peserta yang tertarik bergabung, wajib mendaftarkan diri melalui laman akademi.antikorupsi.org. Calon peserta dapat memilih kolom 'masuk' dan mengeklik 'register'.
 
"Nanti ada kolom untuk mengkroscek atas identitas peserta. Kalau oke, mereka akan mendapatkan akun dan approval lalu mereka akan menjadi peserta," kata Adnan kepada Medcom.id di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Kamis, 19 April 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adnan mengatakan peserta yang sudah terdaftar bisa mengakses mata kuliah yang sudah disediakan. Kemudian, peserta akan mengetahui siapa saja yang akan menjadi pengajar dalam setiap mata kuliah.
 
"Kuliah akan diberikan oleh para aktivis antikorupsi serta dosen tamu dari kalangan akademisi maupun praktisi dalam pemberantasan korupsi," ujar Adnan.
 
Pada tahun pertama, Akademi Antikorupsi menawarkan enam mata kuliah, di antaranya pengantar korupsi untuk remaja, pengantar korupsi mahasiswa atau dewasa, serta pedagogi kritis pendidikan antikorupsi.
 
"Berikutnya sosiologi korupsi, pengantar hukum korupsi, terakhir korupsi dan kemiskinan," sambung Adnan.
 
Peserta nantinya akan mengikuti pelajaran melalui video, kuis, dan diskusi yang didasarkan pada subjek mata kuliah yang diambil. Adnan menerangkan setiap peserta juga akan mengikuti tes dan pretest untuk menjawab beberapa soal yang nantinya menjadi alat ukur pengetahuan peserta.
 
"Nanti juga ada forum diskusi bagi para peserta. Ada juga kewajiban bagi peserta untuk menulis satu paper singkat mengenai topik yang sudah kami siapkan terkait dengan kursus yang diambil oleh peserta," tutur Adnan.
 
Baca: ICW Luncurkan Akademi Antikorupsi
 
Semua peserta yang mengikuti seluruh tahapan di Akademi Antikorupsi pada akhir tahapan peserta akan mendapatkan sertifikat.
 
"Jika semua dijalankan dengan baik dan mereka serius, pada akhir kursus mereka akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta Akademi Antikorupsi," ujar Adnan.
 
Pendaftaran calon peserta Akademi Antikorupsi mulai 19 hingga 25 April 2018. Peserta akan mengikuti kegiatan kuliah secara online pada 26 April 2018.
 

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif