Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Antara/Aditya Pradana Putra
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Antara/Aditya Pradana Putra

Penggantian BBM ke LNG di PLN Diyakini Membuat Negara Hemat Triliunan Rupiah

Candra Yuri Nuralam • 16 Agustus 2022 06:49
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan pemerintah segera mengganti bahan bakar minyak (BBM) dengan liquefied natural gas (LNG) untuk pembangkit listrik di PT PLN. Perubahan bahan bakar utama penggerak listrik itu diyakini bisa membuat negara menghemat uang triliunan rupiah per tahun.
 
"Dengan rekomendasi ini biaya pelaksanaan program dapat dihemat sekitar Rp7,5 triliun per tahun dan implementasi program gasifikasi di 48 lokasi pembangkit listrik dapat mencapai target tahun 2024," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron melalui keterangan tertulis, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Ghufron mengatakan pihaknya telah menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk menghitung penghematan negara jika BBM diganti dengan LGN dalam pembangkitan listrik PLN. Kajian itu merekomendasikan perbaikan pola penunjukan pelaksana program melalui revisi Kepmen ESDM Nomor 2 Tahun 2022.
 

Baca: Mendag Zulhas Usulkan Subsidi BBM Langsung ke Rakyat


Kajian itu juga membahas soal pengoptimalan penggunaan LNG jika diterapkan PT PLN. Rekomendasi itu memberikan peta rawan korupsi agar dihindari jika BBM diganti dengan LNG.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KPK berharap pihak terkait menyelesaikan rekomendasi perbaikan tata kelola pelayanan publik dimaksud agar dapat menutup celah rawan korupsi di instansi masing-masing," ujar Ghufron.
 
KPK telah menyelesaikan 22 kajian pada tahun ini. Salah satu kajian yang selesai, yakni mitigasi risiko korupsi pada draf regulasi rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
"Kajian ini dikerjakan dengan menggunakan metode corruption risk assessment yang hasilnya disampaikan untuk perbaikan kepada enam regulasi yang diterbitkan," kata Ghufron. 
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif