Pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

KPK Buka Peluang Usut Dugaan Korupsi dalam Kasus Briptu Hasbudi

Nasional KPK kasus korupsi Penegakan Hukum Penambangan Ilegal
Candra Yuri Nuralam • 10 Mei 2022 16:14
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang penyidikan kasus dugaan rasuah dalam perkara penambangan emas ilegal yang menjerat Briptu Hasbudi. Kasus dugaan penambangan emas ilegal diyakini rentan menimbulkan kerugian negara yang merujuk pada praktik korupsi.
 
"Kami nanti juga akan mengkaji lebih jauh apakah ada potensi-potensi di sana tindak pidana korupsi," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Ali mengatakan KPK sudah berpengalaman menindak korupsi di bidang sumber daya alam. Kasus dugaan penambangan emas ilegal yang dilakukan polisi tajir itu diyakini bisa ditangani KPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bisa dihitung kerugian keuangan negara, misalnya terkait dengan kegiatan-kegiatan penambangan, di sanalah ini ada pintu masuk, saya kira KPK bisa mengkaji lebih jauh terkait dengan kasus ini ya," ujar Ali.
 
KPK menegaskan tidak akan pandang bulu jika melihat adanya tindakan korupsi dalam kasus Briptu Hasbudi. Korupsi pada sektor sumber daya alam tidak akan diampuni KPK.
 
"Saya kira ini menarik karena isu terkait isu sumber daya alam juga menjadi konsen KPK ya," tutur Ali.
 
Baca: Penambang Emas Ilegal di Sijunjung Sumbar Ditangkap
 
Briptu Hasbudi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penambangan emas ilegal. Dia juga terjerat dalam dugaan penyelundupan pakaian bekas ke Malaysia.
 
Polisi belum percaya Hasbudi hanya melakukan pelanggaran hukum dalam dua kasus itu. Korps Bhayangkara tengah mendalami kasus ini untuk mencari dugaan pelanggaran hukum lainnya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif