Ketua KPK Agus Rahardjo memberikan keterangan pers terkait operasi tangkap tangan Wali Kota Tegal di Gedung KPK, Jakarta. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Ketua KPK Agus Rahardjo memberikan keterangan pers terkait operasi tangkap tangan Wali Kota Tegal di Gedung KPK, Jakarta. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.

Uang Ratusan Juta Diamankan dari Gubernur Aceh

Nasional kasus suap kasus korupsi ott kpk
Juven Martua Sitompul • 04 Juli 2018 00:14
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Aceh. 10 orang ditangkap, dua di antaranya adalah Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi.
 
Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan dari operasi senyap itu, tim mengamankan uang ratusan juta rupiah. Uang itu diduga bagian dari komitmen fee yang telah disepakati sebelumnya.
 
"Sejumlah uang ratusan juta rupiah diamankan. Diduga merupakan bagian dari realisasi komitmen fee sebelumnya," kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa, 3 Juli 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, Agus belum mau menjelaskan detail kaitan uang ratusan juta rupiah dengan OTT Irwandi Yusuf dan Ahmadi itu. Kesepuluh pihak yang ditangkap sudah berada di Polda Aceh untuk menjalani pemeriksaan awal.
 
Baca: Gubernur Aceh Ikut Terjaring OTT KPK
 
Saat ini, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diciduk dalam OTT tersebut.
 
Irwandi Yusuf kembali dilantik sebagai Gubernur Aceh pada 5 Juli 2017 lalu. Irwandi Yusuf memenangkan Pilgub Aceh 2017 dengan didampingi Nova Iriansyah, sebagai wakilnya.
 
Irwandi Yusuf merupakan Gubernur Aceh periode 2007-2012. Sementara Nova Iriansyah adalah anggota DPR RI periode 2009-2014. Pada Pilgub aceh 2017 lalu, keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh (PNA) dan sejumlah partai lainnya.
 
Sedangkan, Bupati Bener Meriah Ahmadi diketahui merupakan kader Partai Golkar. Dia resmi dilantik sebagai Bupati Bener Meriah dengan didampingi Syarkawi sebagai wakilnya pada 14 Juni 2017.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi