KPK Sudah Bentuk Tim Pansel Calon Sekjen

Arga sumantri, Juven Martua Sitompul 29 Mei 2018 07:56 WIB
pansel kpk
KPK Sudah Bentuk Tim Pansel Calon Sekjen
Juru bicara KPK Febri Diansyah - MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan sudah membentuk tim panitia seleksi (pansel) untuk menjaring calon Sekretaris Jenderal KPK yang baru. Tim pansel sudah mulai melakukan rapat internal.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, anggota pansel terdiri dari unsur internal KPK, dan eksternal. Namun, kata dia, unsur eksternal lebih mendominasi tim pansel. 

"Dari internal ada Pak Agus Rahardjo (Ketua KPK)," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Senin, 28 Mei 2018.


Febri menjelaskan, anggota pansel sekjen KPK dari unsur eksternal ada nama Aloysius Budi Santoso dan Sumiati. Ada juga nama Eks Pimpinan KPK Erry Riyana Pamengkas, dan Sosiolog Imam Prasodjo.

"Pansel ini melakukan pemetaan kebutuhan terhadap sekjen KPK, maka akan melakukan proses seleksi," jelas Febri.

Febri mengatakan, tim pansel akan mengerucutkan nama kandidat hingga menjadi dua sampai tiga orang. Calon terpilih itu akan disampaikan ke Presiden.

"Untuk kemudian Presiden memilih dan mengangkat Sekjen KPK berikutnya. Dalam undang-undang, Sekjen KPK diangkat dan diberhentikan oleh Presiden," ungkap Febri.

Menurut Febri, hingga kini belum ada nama-nama yang dicalonkan atau mencalonkan diri. Ia menegaskan, pendaftaran calon Sekjen KPK akan dilakukan secara terbuka.

"Pihak-pihak yang memenuhi syarat bisa daftar jadi Sekjen KPK. Baik dari internal maupun eksternal. Nanti tentu akan disampaikan ke publik jika prosesnya mulai dibuka dan orang-orang sudah mendaftar," ungkap Febri.

Penjaringan Sekjen KPK yang baru dilakukan setelah pemberhentian Sekjen sebelumnya, Raden Bimo Gunung Abdul Kadir. Kriteria utama Sekjen KPK harus berasal dari lingkungan pegawai negeri sipil (PNS).



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id