Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono - Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar,
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono - Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar,

Polisi Tangkap 9 Pelaku Pemerasan Bermodus Derek Liar

Nasional pemerasan
Whisnu Mardiansyah • 13 Desember 2017 14:27
Jakarta: Petugas Subdit Ranmor dan Resmob Polda Metro Jaya menangkap kelompok pemeras bermodus derek liar di jalan tol. Sembilan orang ditangkap di sebuah bengkel di kawasan Cililitan, Jakarta Timur.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengungkapkan kesembilan pelaku ditangkap pada Selasa, 12 Desember 2017, malam. Pengungkapan kasus ini bermula saat petugas kepolisian sedang berpatroli di jalan tol.
 
Saat ini petugas mendapati seorang pria berdiri di tepi jalan tol dalam kota di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Pria itu mengaku mobilnya baru saja dibawa oknum derek liar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelaku menderek mobil korban dengan paksa, kemudian meminta sejumlah uang untuk tebusan," ujar Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Desember 2017.
 
Si pelaku diketahui membawa mobil tersebut bersama kernetnya ke sebuah bengkel. Sementara, korban yang berprofesi sebagai sopir dimintai uang tebusan untuk mengambil kendaraannya.
 
"Pelaku meminta Rp2,8 juta," kata Argo.
 
Setelah mendapatkan laporan dari korban, polisi langsung menggerebek lokasi bengkel. Di lokasi polisi menyita barang bukti berupa dua unit mobil derek dan dua unit mobil boks diduga milik korban.
 
"Para pelaku saat ini masih diperiksa. Nanti bisa saja dikenai Pasal 368 KUHP tentang pemerasan atau Pasal 335 KUHP (tentang perbuatan tidak menyenangkan)," kata Argo.
 
Polisi mengimbau masyarakat tidak menggunakan jasa derek liar ketika mengalami kendala dengan kendaraannya di jalan tol. Warga diminta menghubungi operator jalan tol.
 
"Masyarakat agar berhati-hati berkaitan dengan derek liar. Apabila ada kendala teknis di jalan tol, silakan hubungi derek resmi tol," pungkas dia.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif