Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MI/Ramdani.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MI/Ramdani.

Siap Nyapres, Anies Tercatat Rajin Melaporkan Kekayaan

Candra Yuri Nuralam • 19 September 2022 10:49
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyatakan siap untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 apabila ada parpol yang ingin meminangnya. Anies merupakan salah satu pejabat yang rajin melaporkan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
LHKPN Anies tercatat rutin dilaporkan sejak 2016. Dengan kata lain, dia selalu melaporkan kekayaannya selama menjadi gubernur DKI Jakarta.
 
Dalam laporan terbarunya, Anies tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp10,9 miliar. Dia tercatat sebagai pimpinan tertinggi di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dalam laporan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam laporannya, Anies tercatat memiliki enam tanah dan bangunan senilai Rp14,7 miliar. Tanah dan bangunannya ada di Jakarta Selatan, Sleman dan Ponorogo.
 

Baca: Anies Bertemu 3 Petinggi Parpol, Ini Yang Dibicarakan


Anies juga tercatat memiliki tiga kendaraan senilai Rp550 juta. Kendaraan yang dimilikinya yakni Mobil Honda Odyssey keluaran 2016, Motor Vespa Sprint keluaran 1968 dan Motor Kawasaki EX250V keluaran 2018.
 
Anies juga melaporkan memiliki harta bergerak senilai Rp1,3 miliar. Lalu, dia memiliki surat berharga senilai Rp61 juta.
 
Anies juga memiliki kas dan setara kas senilai Rp1,2 miliar. Dia memiliki harta lainnya senilai Rp659,9 juta. Dalam laporannya Anies tercatat punya utang Rp7,6 miliar.
 
Anies menyatakan kesiapannya menjadi capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Anies tak akan menolak jika ada tawaran dari parpol untuk mengusungnya di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
 
"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika ada partai mencalonkan saya," kata Anies diberitakan Reuters di Singapura, dikutip Jumat, 16 September 2022.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif