Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Masyarakat Diminta Tetap Disiplin di Titik Penyekatan Selama PPKM Level 4

Nasional Virus Korona covid-19 Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Penularan covid-19 Pengidap Covid-19 PPKM Darurat
Theofilus Ifan Sucipto • 22 Juli 2021 13:34
Jakarta: Masyarakat diminta tetap patuh saat melintas di titik penyekatan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Masyarakat yang boleh melintas hanya mereka yang bekerja di sektor esensial dan kritikal.
 
"Diharapkan masyarakat betul-betul taat dan disiplin," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Kamis, 22 Juli 2021.
 
Yusri menyebut penyekatan PPKM level 4 sama dengan PPKM darurat. Penyekatan berpotensi dilonggarkan tergantung perkembangan kasus covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yusri, hal itu sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kegiatan masyarakat bisa dilonggarkan bila kasus covid-19 menurun dan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) berkurang.
 
"Setelah itu baru ada kebijakan baru relaksasi. Kita harapkan ada penurunan," kata dia.
 
Pemerintah tidak lagi menggunakan istilah PPKM darurat wilayah Jawa dan Bali. Istilah itu diubah menjadi PPKM level 4 wilayah Jawa dan Bali.
 
Baca: DKI Jakarta Terapkan PPKM Level 4 Hingga 25 Juli
 
Ketentuan tersebut diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021. Regulasi itu ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 20 Juli 2021.
 
"Instruksi menteri ini mulai berlaku pada 21 Juli 2021 sampai dengan 25 Juli 2021," bunyi aturan itu dikutip Medcom.id, Rabu, 21 Juli 2021.
 
Presiden Joko Widodo menjanjikan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM bakal dilonggarkan. Opsi ini diberikan bila kasus covid-19 bisa terus menurun.
 
"Jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka pemerintah pada 26 Juli melakukan pembukaan bertahap," kata Jokowi.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif