Rudi Kabunang, kuasa hukum PT Pelindo II.MTVN/Lukman Diah Sari
Rudi Kabunang, kuasa hukum PT Pelindo II.MTVN/Lukman Diah Sari

Bareskrim: Jemput Paksa Anak Buah R.J. Lino Sesuai UU

Nasional pelindo
Lukman Diah Sari • 03 November 2015 16:46
medcom.id, Jakarta: Bareskrim memastikan penjemputan paksa Juli Tarigan, anak buah Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Joost Lino, susuai prosedur. Penjemputan paksa Juli diatur undang-udang.
 
"Iya benar, jemput paksa," kata Wadir Tipideksus Bareskrim Polri, Kombes Agung Setya di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2015).
 
Menurut Agung, penjemputan paksa Juli bersandar pada Pasal 112 KUHAP. Pasal itu berbunyi:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1) Penyidik yang melakukan pemeriksaan, dengan menyebutkan alasan pemanggilan secara jelas, berwenang memanggil tersangka dan saksi yang dianggap perlu untuk diperiksa dengan surat panggilan yang sah dengan memperhatikan tenggang waktu yang wajar antara diterimanya panggilan dan hari seorang itu diharuskan memenuhi panggilan tersebut.
 
2) Orang yang dipanggil wajib datang kepada penyidik dan jika ia tidak datang, penyidik memanggil sekali lagi, dengan perintah kepada petugas untuk membawa kepadanya.
 
Agung juga berterima kasih kepada 41 saksi yang ikut membantu mengungkap kasus dugaan korupsi mobile crane ini. "(Mereka) Telah hadir memenuhi panggilan untuk proses tegaknya hukum kita," kata Agung.
 
Juli dijemput paksa, pagi tadi. Sebelumnya staf bagian pengadaan di Pelindo II itu sudah dua kali dipanggil, tapi mangkir.
 

(ICH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif