Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen,
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen,

DPRD Bekasi Diimbau Kembalikan Uang Suap Meikarta

Nasional meikarta
Kautsar Widya Prabowo • 15 Januari 2019 04:50
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta anggota DPRD Kabupaten Bekasi bersikap kooperatif untuk mengembalikan uang yang diduga hasil suap pembangunan Proyek Meikarta.
 
"Nama-nama dan bukti sudah kami pegang, alangkah baiknya anggota DPRD bekasi bersifat kooperatif, mengembalikan uang yang pernah diterima," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta Pusat, Senin, 14 Januari 2018.
 
KPK juga mendapatkan informasi para legislator Bekasi itu berwisata ke Thailand bersama keluarganya. Kuat dugaan, pelesiran DRPD Bekasi itu dilakukan ke sejumlah negara lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita sudah punya bukti catatan-catatan yang mendukung terkait dengan dugaan ini. Kami dalami juga apa yang dilakukan di Thailand sana," jelas Febri.
 
Informasi pelesiran ini terungkap pertama kali dari mulut anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Taih Minarno. Pada penyidik Taih membeberkan soal pelesiran itu.
 
Meikarta merupakan salah satu proyek prestisius milik Lippo Group. Penggarap proyek Meikarta ialah PT Mahkota Sentosa Utama yang merupakan anak usaha dari PT Lippo Cikarang Tbk. Sementara PT Lippo Cikarang Tbk di bawah naungan Lippo Group.
 
Secara keseluruhan nilai investasi proyek Meikarta ditaksir mencapai Rp278 triliun. Meikarta menjadi proyek terbesar Lippo Group selama 67 tahun grup bisnis milik Mochtar Riady itu berdiri.
 
Dalam kasus ini, Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro Billy Sindoro diduga memberikan uang Rp7 miliar kepada Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan anak buahnya. Uang itu diduga bagian dari fee yang dijanjikan Rp13 miliar terkait proses pengurusan izin proyek Meikarta.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi