Tersangka pencurian dengan kekerasan yang mengincar nasabah bank diperlihatkan polisi di Polda Metro Jaya, Selasa, 17 November 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Tersangka pencurian dengan kekerasan yang mengincar nasabah bank diperlihatkan polisi di Polda Metro Jaya, Selasa, 17 November 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

3 Garong Pengincar Nasabah Bank Ditangkap, 1 Tewas Didor

Nasional pencurian polisi kekerasan
Siti Yona Hukmana • 18 November 2020 01:39
Jakarta: Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya menangkap tiga garong yang mengincar nasabah bank, SG, 20; DA, 30; dan DAP, 17. Tersangka SG tewas ditembak.
 
"SG mencoba melawan dan menyerang petugas sehingga terpaksa mengambil tindakan tegas dan terukur," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 17 November 2020.
 
Menurut dia, polisi masih mengejar pelaku lain. Ada tiga tersangka yang masih buron, yakni AL, R, dan B.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yusri menuturkan sindikat ini diringkus pada Sabtu, 14 November 2020, di kontrakan di Bekasi Barat, Jawa Barat. Para tersangka memiliki perannya masing-masing, mulai dari mencari calon korban, eksekutor, hingga joki yang mengemudikan sepeda motor untuk melarikan diri.
 
Baca: Garong Kucing Anggora Rp25 Juta di Lampung Ditangkap
 
Menurut dia, modus garong ini berpura-pura sebagai nasabah. Mereka masuk ke dalam bank untuk mencari calon korban yang tengah menarik uang tunai dengan jumlah besar. Setelah mendapatkan target, mereka membuntuti korban menggunakan sepeda motor.
 
"Ketika kendaraan korban berhenti di lampu merah, pelaku atas nama AL (buron) mendekati mobil korban dan memasang paku yang terbuat dari kerangka payung yang telah dimodifikasi dengan panjang kurang lebih lima cm pada ban mobil korban," kata mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu.
 
Yusri mengatakan pelaku SG dan DAP mengambil barang-barang saat korban menepi dan turun untuk mengecek ban mobil. Pelaku menarik paksa tas korban yang berisikan uang tunai lalu melarikan diri.
 
Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 365 dan 366 KUHP terkait pencurian dengan kekerasan. Mereka terancam hukuman di atas lima tahun penjara.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif