NEWSTICKER
Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Tiga Pucuk Senjata KKB Papua Hasil Rampasan

Nasional kelompok bersenjata di papua
Kautsar Widya Prabowo • 17 Maret 2020 23:32
Jakarta: Polda Papua menyebut tiga senjata laras panjang yang digunakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) hasil rampasan dari anggota polisi setempat. Tiga laras panjang tersebut, yakni AK 47, AR 15, dan Thomson.
 
"Tiga senjata milik anggota (Polri) diamankan pasca kontak tembak selama dua hari di Kali Bua Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika," ujar Kabid Humas Polda Kombes Ahmad Musthofa Kamal, melalui keterangan tertulis, Selasa, 17 Maret, 2020.
 
Baca:4 Anggota KKB di Papua Tewas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kamal memerinci senjata AR 15 dirampas KKB pada 27 November 2020, di Polsek Pirime Kabupaten Lanny Jaya. Dari kejadian tersebut tiga personil polisi gugur, yakni Kapolsek Pirime Ipda Rovli Tagugesi, Brigadir Jefri Rumkorem dan Briptu Daniel Makuker.
 
"Selain menembak anggota kami, KKB juga membakar habis Polsek Pirime," tuturnya.
 
Sedangkan untuk senjata AK 47, KKB merampasnya dari anggota polisi di Pos Kulirik Kabupaten Puncak Jaya, pada 4 Januari 2014. Saat itu KKB juga merampas beberapa senjata api lainnya.
 
"Senjata api laras panjang tersebut yakni dua pucuk senjata AK 47, satu pucuk Mouser, lima pucuk SS1 serta amunisi," kata Kamal.
 
Kemudian satu senjata lainya masih dalam proses identifikasi untuk mengetahaui muasalnya. Sebanyak empat anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas di Bukit Sangker, Papua. Mereka diduga dibakar rekannya.
 
"Ada empat anggota KKB yang diduga meninggal di sana, dan setelah kita cek di lokasi sudah dibakar," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 16 Maret 2020.
 
Jenazah keempatnya ditemukan sehari setelah baku tembak antara KKB dan Satuan Tugas Nemangkawi pada 14 Maret 2020. Polisi juga menemukan panah dan tiga senjata laras panjang.
 
"Kita temukan tiga busur panah, lima anak panah, dan satu buah kampak," ujar Argo.
 
Tiga senjata yang ditemukan berjenis AK-47, AR-15, dan Thompson. Dua dari tiga senjata yang ditemukan merupakan rampasan KKB saat menyerang sebuah polsek di Papua beberapa tahun silam.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif