Presiden Joko Widodo. ANT/ Wahyu Putro A 3
Presiden Joko Widodo. ANT/ Wahyu Putro A 3

Presiden Kantongi Nama Pansel KPK

Nasional
Dheri Agriesta • 14 Mei 2019 05:11
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengaku telah mengantongi sejumlah nama kandidat panitia seleksi (pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kepala Negara akan memutuskan anggota pansel dalam waktu dekat.
 
"Pansel KPK Insyaallah minggu ini sudah ditandatangani, baru digodog, banyak nama sudah masuk, tinggal diputuskan," kata Jokowi di Kediaman Ketua DPR, Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Senin, 12 Mei 2019.
 
Jokowi mengaku mendapatkan masukan dari banyak pihak. Ia pun melihat satu per satu kandidat anggota pansel KPK yang bakal dipilih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi hati-hati dalam memutuskan panitia seleksi pimpinan lembaga antirasuah ini. Ia menyebut hal serupa juga dilakukan saat memutuskan anggota pansel KPK lima tahun lalu.
 
Calon anggota pansel yang sedang dibentuk ini berasal dari beragam latar belakang. "Ada dari akademisi ada dari praktisi ada dari pemerintah, ada dari NGO, gabung-gabung," pungkas Jokowi.
 
Desakan pembentukkan pansel KPK dilayangkan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW). ICW berharap Presiden segera membentuk pansel karena masa kepemimpinan Agus Rahardjo cs akan habis pada akhir tahun ini.
 
ICW menginginkan Presiden membentuk pansel pimpinan KPK pada minggu ketiga bulan Mei. ICW tak ingin pansel KPK dibentuk setelah anggota DPR terpilih 2019-2024 dilantik.
 

(NUR)

TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif