Komedian Tri Retno Prayudati atau Nunung - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Komedian Tri Retno Prayudati atau Nunung - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Ombudsman Usul Pengguna Narkoba Direhabilitasi

Nasional artis dan narkoba
Candra Yuri Nuralam • 22 Juli 2019 07:53
Jakarta: Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P. Nugroho mengingatkan aparat kepolisian berhati-hati menangani kasus narkotika. Penyidik harus cermat memilahpengguna yang harus direhabilitasi dan pengedar yang harus dipidanakan.
 
"Kami ingin mengingatkan kepada penyidik direktorat Polda Metro Jaya terkait dengan kewajiban rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkotika sebagaimana diatur dalam Pasal 54 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika," kata Teguh di Jakarta, Minggu, 21 Juli 2019.
 
Ombudsman menyoroti kasus komedian Tri Retno Prayudati atau Nunung yang ditangkap karena kasus serupa, Jumat, 19 Juli 2019. Penyidik harus segera menetapkan peran (pengguna atau pengedar) Nunung dan suaminya, July Jan Sambiran dalam kasus ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam undang-undang, pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.Penyidik wajib bijak menentukan status itu.
 
(Baca juga:Komedian Nunung 5 Bulan Konsumsi Sabu)
 
"Agar tidak semua pengguna dan korban penyalahgunaan narkotika yang ditangkap masuk penjara. Kalau semua masuk penjara siapa yang bisa jamin dia akan sembuh dari narkotika,” tegas dia.
 
Nunung menjadi satu dari banyak publik figur yang terjerat kasus narkotika. Deretan nama pesohor, seperti Tio Pakusadewo, Fachri Albar, dan Ammar Zonidivonis rehabilitasi karena berperan sebagai pengguna.
 
Di sisi lain, polisi masih menyelidiki kasus Nunung yang tertangkapbersama suaminya.Nunung
ditangkap di rumahnya kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Polisi menyita sabu seberat 0,36 gram.
 
Nunung ditangkap atas laporan warga sekitar yang mencurigai adanya transaksi narkoba. Berdasarkan penyidikan sementara, Nunung aktif menggunakan sabu selama lima bulan terakhir.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif