Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal. Medcom.id/Fachri Audia.
Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal. Medcom.id/Fachri Audia.

Polri Temukan Batu di dalam Ambulans Berlambang Partai

Nasional unjuk rasa pemilu serentak 2019 Demo Massa Penolak Pemilu
Fachri Audhia Hafiez • 22 Mei 2019 13:28
Jakarta: Polri menduga insiden kerusuhan yang terjadi di kawasan Jakarta Barat telah diatur oknum tak bertanggung jawab. Salah satu bukti yang menguatkan ialah ditemukannya mobil ambulans yang berisi batu dan perkakas.
 
"Bukti-bukti kami temukan satu ambulans, saya tidak sebutkan ambulansnya, (tapi) ada partainya. Itu penuh dengan batu dan alat-alat," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Iqbal mengatakan oknum yang mencetus kerusuhan itu diduga berasal dari luar Jakarta. Dugaan ini didukung banyaknya massa yang berasal dari Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Polri juga menggeledah sejumlah kelompok di Jawa Timur yang bakal bergabung dalam aksi tolak hasil pemilu di Jakarta. Polisi menemukan bom molotov dalam penggeledahan itu. Fakta itu menguatkan dugaan Polisi.
 
"Ada indikasi diduga ini massa bayaran massa settingan dan sengaja untuk bikin rusuh," ucap Iqbal.
 
Polisi terus menyelidiki motif kerusuhan tersebut. Polisi meminta keterangan dari sejumlah provokator yang diamankan dalam kerusuhan itu.
 
"Kita sedang melakukan pendalaman dari orang-orang yang kami amankan dan Polri punya strategi untuk buktikan apakah ada kesengajaan melakukan pelanggaran," tegas Iqbal.
 
Sebelumnya, kerusuhan pecah di kawasan Sarinah, Tanah Abang, hingga Petamburan, Jakarta Barat. Massa melemparkan batu ke arah petugas kepolisian hingga membakar ban. Asrama Brimob di kawasan Petamburan pun jadi sasaran pedemo. Belasan mobil dibakar para pedemo.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif