Lin Che Wei menjadi tersangka baru kasus dugaan korupsi pemberian izin ekspor crude palm oil (CPO). MI/SUMARYANTO
Lin Che Wei menjadi tersangka baru kasus dugaan korupsi pemberian izin ekspor crude palm oil (CPO). MI/SUMARYANTO

Indrasari Wisnu Wardhana Diduga yang Membawa Lin Che Wei ke Kemendag

Tri Subarkah • 19 Mei 2022 18:59
Jakarta: Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) Febrie Adriansyah menyebut tersangka kasus dugaan korupsi terkait minyak goreng, Lin Che Wei, dibawa oleh Indrasari Wisnu Wardhana ke Kementerian Perdagangan (Kemendag).
 
Wisnu merupakan tersangka yang ditetapkan Kejagung sebelumnya bersama tiga tersangka lain dari pihak swasta. Nama Lin Che Wei alias Weibinanto Halimjati tidak ada dalam struktur Kemendag.
 
"Yang bawa (LCW ke Kemendag)? Sampai saat ini masih Wisnu, dirjen," katanya saat ditemui di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta, Kamis, 19 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Febrie belum mengungkap besaran uang yang diduga diberikan LCW ke Wisnu atas terbitnya persetujuan ekspor crude palm oil (CPO) dan produk turunannya, termasuk minyak goreng dari Kemendag. "Detailnya belum, kumulasi itu," kata dia.
 
Baca: Kejagung Periksa Dua Anak Buah Lin Che Wei
 
Sebelumnya, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengungkap bahwa LCW merupakan pihak yang diperbantukan di Kemendag. Dalam kasus tersebut, LCW berperan mengondisikan pemberian izin ekspor ke beberapa perusahaan bersama Wisnu.
 
Berdasarkan rilis Pusat Penerangan Hukum Kejagung, LCW bekerja sebagai penasihat kebijakan/analisa pada Independent Research & Advisory Indonesia. Sebelum di Kemendag, ia juga pernah bekerja sebagai tim asistensi di Kementerian Koordiansi Bidang Perekonomian di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto hingga Maret 2022.
 
LCW menjadi tersangka kelima dalam perkara yang terjadi antara Januari 2021 sampai Maret 2022. Tiga tersangka lainnya merupakan pengurus perusahaan eksportir CPO.
 
Mereka, yaitu Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia Master Parulian Tumanggor, Senior Manager Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Hijau Group Stanley MA, dan General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas Picare Tagore Sitanggang.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif