Pengadilan Tipikor Banjarmasin. (istimewa)
Pengadilan Tipikor Banjarmasin. (istimewa)

Hadiri Sidang Secara Daring, Kuasa Hukum Tegaskan Mardani Maming Kooperatif

Nasional Kasus Suap Kejaksaan perizinan Pengadilan Pemberantasan Korupsi
Juven Martua Sitompul • 18 April 2022 22:24
Jakarta: Mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui kuasa hukumnya Irfan Idham menegaskan terus berupaya kooperatif menghadiri sidang di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Mardani dipanggil sebagai saksi kasus dugaan suap izin usaha pertambangan (IUP) dengan terdakwa eks Kepala Dinas ESDM Tanah Bumbu Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo.
 
Irfan mengeklaim Mardani sudah kooperatif dengan memunuhi panggilan sebagai saksi secara daring atau online. Namun, majelis hakim berkukuh ingin Mardani hadir secara langsung di persidangan
 
"Bapak Mardani telah kooperatif memenuhi panggilan sebagai saksi namun majelis hakim tetap meminta kehadiran beliau secara offline," kata Irfan kepada wartawan, Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Irfan menegaskan kliennya tidak pernah menghidari persidangan. Menurut dia, Mardani tidak bisa menghadiri persidangan secara langsung karena tengah berada di Singapura untuk menghadiri undangan kegiatan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).
 
Selain itu, kata Irfan, rencana kehadiran Mardani dalam persidangan secara online sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan kejaksaan. Pihak kejaksaan bahkan telah menyetujui kehadiran Mardani secara online. Apalagu, majelis hakim pada persidangan sebelumnya juga mengizinkan Mardani untuk bersaksi secara online.
 
"Kami sudah berkordinasi dan telah mendapat persetujuan untuk hadir secara online sehingga kami telah memenuhi kewajiban hukum kami, apalagi hak ini juga dimungkinkan dalam ketentuan dan setahu kami pada sidang minggu lalu majelis hakim juga memperbolehkan Bapak Mardani untuk hadir secara online. Sehingga hadir secara online adalah opsi yang kami pilih mengingat kesibukan Bapak Mardani,"  kata irfan.
 
Baca: Beri Kesaksian Secara Daring, Hakim Perintahkan Panggil Paksa Mardani Maming
 
Di sisi lain, Irfan menyampaikan Mardani telah menandatangani berita acara di bawah sumpah yang menyatakan dirinya telah diperiksa dan dimintai keterangan sebagai saksi dalam proses penyidikan perkara tersebut di Kejaksaan Agung (Kejagung). Berdasarkan Pasal 119 Jo. Pasal 179 KUHAP, Mardani telah menyatakan keterangan yang sebenar-benarnya.
 
"Kami juga perlu menyampaikan kepada publik bahwa Bapak Mardani sama sekali tidak mengetahui apalagi sampai menerima aliran dari dugaan gratifikasi Bapak Dwidjono," tegasnya.
 
Dalam persidangan, majelis hakim memutuskan memanggil ulang Mardani dalam kapasitasnya sebagai saksi. Alasannya, Mardani memberikan kesaksian dalam sidang itu secara daring dari Singapura.
 
"Majelis menginginkan (saksi Mardani H Maming) hadir (langsung) di dalam persidangan ini,” kata Ketua Majelis Hakim Yusriansyah dalam sidang, Senin, 18 April 2022.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif