Lokasi penemuan penimbunan bansos di Depok, Jawa Barat. Instagram infodepok_id
Lokasi penemuan penimbunan bansos di Depok, Jawa Barat. Instagram infodepok_id

Ini Alasan JNE Timbun Bansos di Depok, Kemensos Malah Tak Tahu

Sri Yanti Nainggolan • 02 Agustus 2022 10:18
Jakarta: Pihak JNE menyatakan penimbunan bantuan sosial (bansos) di lahan kosong di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, karena bantuan berbentuk beras itu rusak. Namun, belum ada bukti yang disertakan. 
 
"Keterangan ini (pihak JNE) belum didukung dokumen," kata Kabis Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 1 Agustus 2022.
 
Zulpan menjelaskan penyidik Polres Metro Depok telah meminta keterangan Samsul Jamaludin yang merupakan perwakilan JNE. Samsul hanya memberikan keterangan secara lisan dan tidak bisa menunjukkan bukti dokumen.
 
Selain itu, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam Mira Riyanti Kurniasih juga diperiksa. Perwakilan Kementerian Sosial ini mengaku tidak mengetahui penimbunan beras tersebut. 
 
Ini Alasan JNE Timbun Bansos di Depok, Kemensos Malah Tak Tahu
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. Foto: Dok Medcom.id
 

Penjelasan JNE soal timbunan bansos di Depok 

Zulpan menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan terhadap Samsul, JNE bekerja sama dengan PT DNR sebagai pemenang vendor untuk mendistribusikan beras bansos dari pemerintah di wilayah Depok pada 2020. JNE mengantarkan beras bansos tersebut ke dalam daftar penerima yang dibuat pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah beras disiapkan oleh PT DNR, JNE mengambil beras bansos tersebut di gudang Bulog di Pulogadung, Jakarta Timur. Sayangnya, beras yang dibawa basah setelah diguyur hujan dalam perjalanan ke Depok. 
 
Pihak JNE kemudian menyatakan beras tersebut rusak dan menimbunnya. JNE mengaku mengganti beras tersebut dengan beras yang setara.
 
"Mereka mengganti dan tidak dibebankan kepada pemerintah," kata Zulpan.
 
Namun, polisi belum bisa memastikan jumlah pasti dan berat beras yang ditimbun. Pihak JNE dan Kemensos kembali diperiksa pada Selasa, 2 Agustus 2022.
 
"Ini membuat mereka bakal diperiksa lagi besok dengan diminta menunjukkan bukti dokumen. Selain itu, polisi juga bakal meminta keterangan lagi terhadap pihak Kemensos," ujar dia.
 
Baca: Polisi Panggil Pihak JNE Terkait Penimbunan Bansos di Depok
 

Viral timbunan bansos ditemukan di Depok 

Masyarakat dihebohkan dengan timbunan sembako bantuan presiden di sebuah lahan kosong di Jalan Tugu Jaya, Kampung Parung Serab, Tirtajaya, Depok, Jawa Barat. Lokasi itu berada di sebelah gudang kantor jasa ekspedisi, JNE. 
 
Hal itu diketahui dari akun Instagram infodepok_id yang menayangkan video lahan yang dibongkar. Tumpukan sembako ditemukan pada Jumat, 29 Juli 2022, setelah penggalian selama tiga hari. 
 
"Sembako ini bantuan dari presiden yang mestinya diberikan pada masyarakat yang berhak menerimanya," ujar suara dalam video tersebut, Minggu, 31 Juli 2022. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif