Anak Buah Anies Dikorek soal Dugaan Korupsi Rehab Sekolah

Siti Yona Hukmana 13 Juli 2018 17:13 WIB
kasus korupsisekolah rusak
Anak Buah Anies Dikorek soal Dugaan Korupsi Rehab Sekolah
Sekolah di Jakarta Timur rusak parah. Foto: MI/Arya.
Jakarta: Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya memanggil kepala suku dinas (kasudin) pendidikan di wilayah DKI Jakarta. Mereka dikorek soal dugaan korupsi renovasi 119 sekolah di Jakarta.

"Kasudin, kepala sekolah, itu bagian dari yang kita panggil," kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, 13 Juli 2018.

Menurut dia, semua pihak terkait proyek perbaikan sekolah akan dimintai keterangan. Perusahaan yang menjalankan proyek renovasi juga akan dicecar polisi.


Adi menjelaskan surat panggilan telah disampaikan kepada para kasudin pendidikan. Namun, ia tak tahu apakah panggilan dipenuhi atau tidak oleh anak buah Gubernur Anies Baswedan.

Dia menuturkan keterangan dari para kasudin sangat penting untuk membongkar kasus ini. Pasalnya, mereka mengetahui pasti dugaan korupsi rehabilitasi sekolah tersebut.

"Karena kan begini, usulan biaya rehab itu pasti melalui unit kerja. Nah, unit kerja ini kan di masing-masing sudin," jelas dia.

Baca: KPK Pantau Dugaan Korupsi Rehab Sekolah DKI

Setelah disepakati kasudin, usulan perbaikan ditindaklanjuti untuk masuk ke rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD). Setelah itu, usulan diuji tim anggaran. 

"Kemudian dimasukkan ke dalam mata anggaran," ucap dia.

Sementara itu, Kepala bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono enggan menyebut siapa saja yang telah diperiksa. Dia meminta publik bersabar membiarkan polisi bekerja.

"Kita tunggu saja karena masih penyelidikan," jelas dia.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id