Pencurian uang. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Pencurian uang. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Mahasiswa Indonesia Bobol Kartu Kredit Warga Australia

Nasional kartu kredit kasus pembobolan dana
Dian Ihsan Siregar • 28 Agustus 2018 18:19
Jakarta: Dedek Saputra Chaniago dan Adhitya Rahman, mahasiswa Indonesia, kedapatan membobol kartu kredit milik warga Australia. Aksi itu menyebabkan keduanya harus berurusan dengan Bareskrim Mabes Polri.
 
Awal kasus ini bermula dari surat Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney. KJRI menyampaikan bila polisi Queensland menemukan pembelian barang secara daring memakai kartu kredit warga Australia oleh orang Indonesia.
 
Polri langsung bergerak cepat menangani perkara ini sehingga langsung menemukan dua pelaku. Pelaku bisa beraksi dengan berbekal kemampuan yang telah dipelajarinya selama ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini mereka gunakan modus kejahatan lintas negara (dalam membobol kartu kredit warga Australia)," kata Direktur Tindak Pidana Siber Mabes Polri Bridjen Albertus Rahmat Wibowo di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2018.
 
Menurut dia, pelaku telah menjalankan aksinya selama dua tahun. Setidaknya, mereka berhasil mendapatkan data dari 4 ribu kartu kredit. "Tapi, hanya sembilan yang dibelanjakan lebih dari satu kali dan milik satu orang," sebut dia.
 
Akibat kejadian itu, bank pemberi kartu kredit‎ mengalami kerugian USD20 ribu. Polisi pun menangkap dua pelaku di tempat berbeda.
 
Adhitya diringkus di Asrama Mahasiswa Benuo Taka Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sementara itu, ‎Dedek ditangkap di Kelurahan Lingkar Selatan, Bandung, Jawa Barat.‎
 
"Dua pelaku kami hukum pidana enam tahun penjara," jelas Albertus.‎
 
Saat penangkapan, polisi mengamakan beberapa barang bukti dari tangan para pelaku. "Buktinya, laptop, handphone (HP), buku rekening dan barang yang dibeli secara online lewat kartu kredit," ungkap Albertus.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif