Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Dok Humas Polri.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Dok Humas Polri.

HUT ke-76, Polri Berkomitmen Terus Berbenah

Siti Yona Hukmana • 02 Juli 2022 07:50
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan jajaran Kepolisian Republik Indonesia (polri) berkomitmen terus berbenah demi bisa mewujudkan polri yang Presisi. Hal itu disampaikannya bertepatan di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 polri. 
 
"Yang betul-betul bisa memberikan pelayanan, yang berintegritas, pelayanan yang berdedikasi, pelayanan yang berinovasi. Sehingga, kemudian kita bisa melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, tetap jadi yang dicintai masyarakat," kata Listyo di Gedung Tri Brata, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Juli 2022.
 
Dia mengatakan Polri sepakat bersama Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni dan media mencari sosok-sosok yang menampilkan teladan seperti Bapak Hoegeng, Iman Santoso. Hasilnya, didapatkan tiga penerima anugerah Hoegeng Award. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak tiga sosok polisi teladan itu ialah pertama kategori polisi berdedikasi diraih Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah. Kemudian, polisi inovatif diraih Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto dan polisi berintegritas diraih Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus.
 

Baca: Sahroni: Kinerja Polri Jauh Meningkat


Menurut Listyo, meski Hoegeng-Hoegeng baru itu tidak seperti Pak Hoegeng idola Polri. Namun, paling tidak semangat dan roh yang dibangun di institusi polri bisa menjadi pegangan bagi semua anggota, agar polri lebih baik ke depan seperti yang diharapkan masyarakat. 
 
"Di situlah kami tentunya mencoba untuk perbaiki diri membuka ruang untuk terus dikritik. Sehingga, demikian kita tahu posisi kita di mana dan apa yang harus kita perbaiki," ungkap mantan Kabareskrim Polri itu. 
 
Listyo menyadari kritikan terkadang terasa pahit. Namun, kata dia, anggota harus legawa menerimanya. Menurutnya, kritik ibarat obat atau pil pahit yang harus dimakan. 
 
"Sehingga, kemudian kita bisa menjadi sehat untuk membuat organisasi atau institusi ini menjadi baik, jadi dipercaya dan kemudian masyarakat bisa menerima dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh kepolisian," kata dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif