Ketua KPK terpilih periode 2019-2023 Firli Bahuri. MI/Susanto.
Ketua KPK terpilih periode 2019-2023 Firli Bahuri. MI/Susanto.

Polri Segera Bahas Pengganti Firli

Nasional polri Pimpinan Baru KPK
Cindy • 13 September 2019 17:30
Jakarta: Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri akan membahas pengganti Kapolda Sumatra Selatan Firli Bahuri. Firli terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.
 
"Sebelum ada pelantikan (pimpinan KPK) nanti ada mutasi jabatan (Kapolda Sumsel)," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 23 September 2019.
 
Dedi mengatakan posisi Firli akan digantikan personel yang mampu menangani Sumatra Selatan. Mutasi akan dilakukan sebelum Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelum Desember pasti akan ada mutasi sebagai pengganti Firli di tubuh Polri," ucap Jenderal Bintang Satu itu.
 
Firli terpilih menjadi pimpinan KPK dengan mengantongi 56 suara. Suara capim dari unsur Kepolisian itu menjadi yang tertinggi di antara calon-calon lainya.
 
Suara Firli dipepet capim petahana Alexander Marwata. Alexander memperoleh 53 suara. Nurul Ghufron berada di posisi ketiga dengan mendapatkan 51 suara.
 
Di posisi keempat ada Nawawi Pomolango. Capim yang saat ini berprofesi sebagai hakim itu berhasil mendapatkan 50 suara, disusul Lili Pintauli Siregar yang mendapatkan 44 suara.
 
Pemungutan suara ini diikuti oleh 56 anggota Komisi III. Mekanismenya, setiap anggota Komisi III diberikan kertas suara untuk memilih lima dari 10 capim. Suara anggota yang memilih lebih dari lima nama akan dianggap tidak sah.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif