Polisi. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Polisi. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Laporan terhadap Majalah Tempo Ditolak Polisi

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Cindy • 12 Juni 2019 15:21
Jakarta: Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menolak laporan eks Komandan Tim Mawar Mayor Jenderal TNI (Purn) Chairawan K Nusyiwan terkait dugaan pencemaran nama baik oleh majalah Tempo. Kepolisian harus menunggu keputusan Dewan Pers sebelum meneruskan laporan.
 
"Barusan kami dari dalam, berdiskusi dan konsultasi, dan alhamdulillah laporan kami belum diterima karena menunggu rekomendasi dari Dewan Pers," ucap kuasa hukum Chairawan, Hedriansyah, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 12 Juni 2019.
 
Menurut dia, rekomendasi Dewan Pers akan turun setelah klarifikasi tentang pelanggaran kode etik majalah Tempo selesai pada Selasa, 18 Juni 2019. Jika sudah selesai di Dewan Pers, pihaknya akan melaporkan kembali dugaan tindak pidana ke kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tunggu dulu hasil Dewan Pers baru kita tindak berikutnya. Dewan Pers kan kalian tahu. Pasti administratif, tapi kan etikanya itu ada produk jurnalistik yang merugikan kita harus ke Dewan Pers dulu," kata Hedriansyah.
 
Baca juga: Wiranto: Korban Jiwa Bukan di Arena Demonstrasi
 
Majalah Tempo edisi Senin, 10 Juni 2019, memuat berita terkait kerusuhan 21-22 Mei 2019. Di dalam tulisannya, Tempo menyebut adanya keterlibatan Tim Mawar saat aksi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) itu.
 
Tim ini pernah terlibat dalam aksi penculikan aktivis 1998. Salah satu eks anggota Tim Mawar, Fauka Noor Farid, ada dalam pemberitaan "Tim Mawar dan Kerusuhan Sarinah". Fauka adalah anak buah calon presiden Prabowo Subianto semasa di Komando Pasukan Khusus (Kopassus).
 
Dia diduga beberapa kali mengikuti pertemuan membahas rencana aksi demo yang berujung ricuh. Pertemuan dilakukan di Kantor Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Kertanegara, Jakarta Pusat, dan di hotel dekat Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif