Total 5 Terduga Teroris Ditangkap di Pekanbaru
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
Pekanbaru: Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap lima orang terduga jaringan teroris di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Mereka yang ditangkap yakni RH, PA, NS, AD, dan RA. 

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengatakan, penangkapan dilakukan pada Jumat, 27 Juli. Satgas Anti Teror Mapolda Riau membantu penangkapan yang dipimpin tim Densus 88 itu.

"Saat ini, para terduga jaringan teroris diamankan di Mako Brimob Polda Riau untuk pengembangan lebih lanjut," kata Sunarto, Minggu, 29 Juli 2018.


Baca Juga: Densus Tangkap Terduga Teroris di Pekanbaru

Sunarto menjelaskan, operasi penangkapan terduga jaringan teroris tersebut berlangsung selama lima jam, mulai sekitar pukul 07.00 WIB, hingga pukul 12.20 WIB. Kelima terduga teroris ditangkap di lima lokasi berbeda di Pekanbaru. 

Terduga jaringan teroris berinisial RH misalnya, ditangkap di Jalan Kesehatan, RT 05/RW 07 Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. RH merupakan kelompok Artanto alias Abdurrahman dan Hengki Satriya alias Abu Rafiq, yang ditangkap di Sumatera Selatan beberapa waktu lalu. 

RH diduga jadi otak dalam perencanaan keberangkatan kelompok teroris Pekanbaru ke Jakarta saat terjadi kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Kemudian, terduga teroris inisial PA ditangkap di Jalan Gajus, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru. PA juga merupakan jaringan kelompok Artanto. PA diketahui ikut berangkat bersama dua rekannya ke Jakarta saat terjadi penyerangan dan kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua.

Lalu, terduga teroris inisial AD ditangkap di parkiran PT PLN Rayon Simpang Tiga, Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. AD merupakan jaringan kelompok Artanto yang sama dengan RH dan PA. AD berperan mendanai sebesar Rp7 juta untuk keberangkatan rekan-rekannya ke Jakarta pasca penyerangan Mako Brimob Kelapa Dua.

Selanjutnya, terduga teroris inisial RA ditangkap di Jalan Daru-daru III, RT 04/RW 10, Kelurahan Pematang Kapau, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. RA juga anggota kelompok yang sama.RA ikut berangkat menuju ke Mako Brimob Kelapa Dua.

Terakhir, terduga teroris inisial NS ditangkap di tempat penjualan sapi dan kambing, Jalan Hang Tuah, Kelurahan Sail, Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru. NS merupakan jaringan Kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Kota Pekanbaru.

NS disinyalir berperan membujuk dan memerintahkan para rekannya di JAD Pekanbaru untuk menyerang usai kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua. Namun, NS diketahui tidak berangkat ke Jakarta.



(AGA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id