NEWSTICKER
Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri. Medcom.id/Arga Sumantri
Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri. Medcom.id/Arga Sumantri

Berkas Eks Ketua DPRD Tulungagung Dilimpahkan ke PN Surabaya

Nasional Suap di Tulungagung
Candra Yuri Nuralam • 18 Maret 2020 15:00
Jakarta: Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung menyusun dakwaan untuk mantan Ketua DPRD Tulungagung Supriyono. Berkas tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Tulungngagung pada 2018 itu telah dikirim ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya.
 
"Hari ini, 18 Maret 2020, KPK melimpahkan berkas perkara atas nama terdakwa Supriyono ke PN Tipikor Surabaya," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Ali menjelaskan KPK telah memeriksa 132 saksi untuk penguatan bukti rasuah Supriyono. Semua keterangan saksi bakal dibeberkan saat persidangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selanjutnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan menunggu penetapan hari sidang dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya," ujar Ali.
 
Baca: KPK Sita Dokumen dari Kantor DPRD Tulungagung
 
KPK menetapkan Supriyono sebagai tersangka suap dan gratifikasi. Supriyono diduga menerima Rp4,8 miliar pada periode 2015-2018 dari Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, terkait pembahasan, pengesahan, dan pelaksanaan APBD serta APBD-P Kabupaten Tulungagung.
 
Supriyono diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 atau Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 
Sedangkan Syahri telah divonis bersalah oleh pengadilan karena terbukti menerima suap dari sejumlah pengusaha. Penerimaan itu untuk memperlancar proses pembahasan APBD, mempermudah pencairan DAK, dan bantuan keuangan provinsi Rp750 juta sejak 2014-2018.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif