Artis Billy Syahputra. Foto: Instagram.
Artis Billy Syahputra. Foto: Instagram.

Billy Syahputra Jual Alphard ke Tersangka DNA Pro Rp1 Miliar

Nasional penipuan polri Investasi Bodong Billy Syahputra Penipuan investasi Robot Trading
Siti Yona Hukmana • 28 April 2022 19:00
Jakarta: Artis Billy Syahputra terseret dalam kasus investasi bodong robot trading DNA Pro Akademi. Billy terseret karena sempat menjual mobil Alphard kepada salah satu tersangka, Stefanus Richard alias Steven selaku mitra pendiri (co-founder) Tim Octopus. 
 
"(Keterkaitannya) jual beli Alphard-nya saja. Steven namanya, owner DNA Pro, " kata pengacara Billy, Fahmi Bachmid saat dikonfirmasi, Kamis, 28 April 2022.
 
Fahmi mengatakan jual beli mobil itu berawal saat Billy mempromosikan iklan penjualan Alphard di akun media sosialnya. Kemudian, ada seseorang tertarik untuk membeli Alphard tersebut senilai Rp1 miliar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada orang yang tertarik ingin membeli sekalian sama Billy dimasukan di konten orang beli dengan bawa uang cash, " ungkap Fahmi. 
 
Fahmi menegaskan kliennya tidak ikut mempromosikan DNA Pro. Billy diakui membuat konten jual beli mobil Alphard itu untuk mempromosikan dirinya pribadi. 
 
"Engga ada (promosikan DNA Pro) . Promosikan dirinya Billy, yang dapat keuntungan kan Billy, " ucap Fahmi.
 
Baca: Bareskrim Polri Tunda Pemeriksaan Penyanyi Ello Terkait DNA Pro
 
Fahmi menyebut uang Rp1 miliar itu pun telah diserahkan ke Billy. Adik almarhum Olga Syahputra itu juga telah menyerahkan mobil beserta STNK ke tersangka Steven. 
 
Fahmi menegaskan kliennya tidak akan menyerahkan uang hasil jual beli mobil itu ke polisi. Penyidik disebut bisa menyita mobil apabila dibutuhkan sebagai barang bukti. 
 
"Kenapa (disita Rp1 miliar), itu mobil kan dijual sama Billy, mobil itu ada di tersangka, kenapa enggak mobilnya saja disita? kenapa harus uangnya orang? kita dagang kok, " tutur dia. 
 
Menurutnya, mobil tersebut masih berada di rumah tersangka. Dia mempersilakan penyidik menyita mobil mewah tersebut. 
 
"Mobilnya masih ada kok, itu mobil, STNK, BPKP, kunci dua ada sama tersangka, kalau mau disita ya sita saja mobilnya. Billy kan enggak ada kaitannya," bebernya. 
 
Billy memenuhi panggilan penyidik hari ini. Penyidik juga telah memeriksa sejumlah figur publik lain dalam kasus ini. Pemeriksaan itu berguna untuk mengusut aliran dana para tersangka. 
 
Sejumlah figur publik yang telah diperiksa ialah penyanyi Sri Rossa Roslaina Handiyani alias Rossa. Dia diperiksa karena menerima uang bayaran manggung Rp172 juta. 
 
Kemudian, penyanyi Herman Josis Mokalu alias Yosi Project Pop diperiksa karena menerima aliran dana Rp115 juta atas pembuatan lagu untuk DNA Pro. Lalu, jebolan Indonesian Idol Nowela Elizabeth Auparay diperiksa karena menerima uang Rp15 juta usai menjadi MC di acara DNA Pro. 
 
Selanjutnya, pasangan artis Rizky Billar dan Lesty Kejora diperiksa karena menerima uang sekoper senilai Rp1 miliar sebagai kado lahiran anak. Terakhir, perancang busana Ivan Gunawan diperiksa karena menerima uang Rp1 miliar karena telah menjadi Brand Ambassador DNA Pro. 
 
Bareskrim Polri menetapkan 12 tersangka dalam kasus ini. Salah satunya, Stefanus Richard. Masih ada tiga tersangka diburu. Sedangkan sembilan tersangka lainnya telah ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. 
 
Para tersangka dijerat Pasal 106 jo Pasal 24 dan atau Pasal 105 jo Pasal 9 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan dan atau Pasal 3, Pasal 5 jo Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif