Jerinx bersama istrinya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Jerinx bersama istrinya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Jerinx Divonis 1 Tahun Penjara

Candra Yuri Nuralam • 24 Februari 2022 17:08
Jakarta: I Gede Aryastina alias Jerinx divonis hukuman satu tahun penjara. Ia dinilai terbukti bersalah melakukan pengancaman terhadap pegiat media sosial (medsos) Adam Deni.
 
"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara satu tahun," ujar Hakim Ketua Surachmat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis, 24 Februari 2022.
 
Jerinx terbukti bersalah melakukan pengancaman melalui informasi elektronik terhadap Adam. Ancaman itu dilakukan karena Jerinx menuding Adam menghilangkan akun Instagram pribadi miliknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hakim menilai Jerinx melakukan beberapa penistaan terhadap Adam. Salah satunya, umpatan Jerinx yang menyamakan Adam dengan hewan.
 
Jerinx juga diberikan hukuman denda Rp25 juta subsider satu bulan kurungan dalam kasus ini. Denda itu wajib dibayar dalam waktu sebulan setelah vonis berkekuatan hukum tetap.
 
"Menetapkan terdakwa tetap berada di dalam tahanan," ujar Surachmat.
 
Baca: Didampingi Istri, Jerinx Hadapi Sidang Vonis
 
Hal yang memberatkan Jerinx yaitu pernah menjadi pesakitan. Sementara, hal yang meringankan, yakni Jerinx sudah meminta maaf kepada Adam Deni.
 
"Kedua, berlaku sopan di persidangan dan mengakui terus terang perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan," tutur Surachmat. 
 
Jerinx enggan langsung menentukan sikap dalam kasus ini. Dia memilih opsi pikir-pikir selama tujuh hari. Jaksa juga mengambil opsi yang sama.
 
Jerinx dinyatakan melanggar Pasal 29 juncto Pasal 45 B Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif