Wiranto Ajak Peserta KTT Rusia Kerja Sama Keamanan Global

Dheri Agriesta 26 April 2018 14:41 WIB
terorisme
Wiranto Ajak Peserta KTT Rusia Kerja Sama Keamanan Global
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto--MI/Susanto
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi membahas masalah keamanan global di Sochi, Rusia. Wiranto mengajak seluruh peserta KTT bekerja sama menjaga keamanan global.

"Dengan perkembangan teknologi, kita semua harus lebih bersiap dengan memperkuat kerja sama yang berkelanjutan," kata Wiranto dalam KTT di Sochi, Rusia, melalui keterangan tertulis, Rabu, 25 April 2018.

Baca: Wiranto: Ancaman Teroris Harus Dihadapi Bersama


Wiranto menjelaskan, perkembangan teknologi menguah pola penyebaran paham radikal dari ekstrimis ISIS. Sebelumnya, pola penyebaran paham dilakukan secara terpusat dengan pertemuan tertutup.

Kini, mereka menggunakan berbagai aplikasi media sosial yang ada saat ini. Wiranto menyebut, penyebaran paham radikal bergeser menjadi lebih tersebar dan bervariasi. "Mereka juga memodifikasi pola strategi dalam melancarkan serangan teror," kata Wiranto.

Biasanya, serangan dilakukan secara berkelompok. Tapi, kini serangan dilakukan menggunakan unit yang lebih kecil. "Atau bahkan atas inisiasi sendiri atau lone wolf," jelas dia.

Wiranto menilai, strategi ini semakin sering digunakan kelompok teror untuk mengamankan jaringan mereka. Selain itu, strategi dan taktik ini didukung pola transaksi finansial yang lebih modern. "Dengan perkembangan teknologi ini, kita semua harus lebih bersiap dengan memperkuat kerja sama yang berkelanjutan,” kata Menko Polhukam Wiranto. 




(YDH)