Gedung DPR. Foto: MI/Susanto.
Gedung DPR. Foto: MI/Susanto.

Pansel Bebas Pilih Kandidat Pimpinan KPK

Nasional seleksi pimpinan kpk
Arga sumantri • 26 Juni 2019 20:36
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Arsul Sani membebaskan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memilih kandidat. DPR hanya menunggu nama-nama capim KPK hasil seleksi Pansel.
 
"Kami kan yang di Komisi III ini kan bersifat menunggu pasif sampai kemudian Pansel nanti pada saatnya menyerahkan kepada DPR hasil kerja mereka," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Arsul menjelaskan sesuai aturan, Pansel KPK harus menyetor 10 nama kandidat pimpinan lembaga antirasuah. Setelah itu, DPR akan memilih lima kandidat terpilih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Arsul, DPR hanya berharap ada banyak calon yang mendaftar jadi capim KPK. Elemen penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, atau para pegiat antikorupsi didorong mengikuti seleksi.
 
"Para penggiat antikorupsi, aktivis, para advokat, atau praktisi hukum, kemudian para akademisi hukum pidana. Nah itu yang kami harapkan," ujar dia.
 
Semakin banyak pendaftar, kata dia, Pansel Capim KPK barang tentu punya banyak pilihan. Dengan begitu, Pansel diharapkan dapat memilih kandidat terbaik untuk diusulkan ke DPR.
 
Baca: Capim KPK Tak Perlu Perwakilan dari Polri dan Jaksa
 
"Kalau dari sisi aturan, Pansel kan nanti harus mengirimkan 10 calon untuk kemudian kami pilih menjadi 5," ucap Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.
 
Arsul juga meminta publik, utamanya elemen masyarakat sipil, tidak buru-buru meributkan para pendaftar dari Polri atau Kejaksaan Agung. Ia menegaskan tak ada aturan yang melarang pelamar pimpinan berasal dari dua institusi tersebut.
 
Elemen masyarakat sipil justru diajak untuk mendorong sebanyak mungkin pendaftar pimpinan KPK. "Sehingga terjadi kompetisi yang sehat."

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif