Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu (kiri) dan Kalapas Kelas I Cipinang, Hendra Eka Putra (kanan). - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu (kiri) dan Kalapas Kelas I Cipinang, Hendra Eka Putra (kanan). - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Ombudsman Soroti Perbedaan Ruang di Lapas Cipinang

Nasional setya novanto ombudsman
Fachri Audhia Hafiez • 30 Desember 2019 04:12
Jakarta: Ombudsman RI menemukan sejumlah kejanggalan saat melakukan sidak di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur. Salah satu yang disoroti mengenai perbedaan ruang yang berada di lapas tersebut.
 
Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu mengungkapkan, terdapat sebuah berjuluk blok pengaman khusus. Ia menyebut terdapat ruang untuk digunakan sementara terpidana kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto, yang kini tengah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.
 
"Ini menarik barangkali nanti saya bisa mendapatkan penjelasan kenapa tiba-tiba dalam satu apa satu blok yang fasilitasnya juga jauh lebih baik ketimbang napi yang diisolasi lainnya begitu," ujar Ninik di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Minggu, 29 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ombudsman meminta agar pihak lapas memberikan penjelasan terkait temuan tersebut. Hal ini guna mencegah diskriminasi antar warga binaan pemasyarakatan (WBP).
 
"Saya kira pak kepala lapas (Kalapas) harus memberikan kualifikasi. Karena saya tanyakan tadi apa kualifikasinya kebutuhan khusus ini yang perlu ini menjadi standar," ungkapnya.
 
Dalam sidak kali ini, Kalapas Kelas I Cipinang menolak awak media untuk ikut sidak bersama Ombudsman. Sehingga ruang blok yang dimaksud tidak tergambarkan dan terdokumentasi.
 
Kalapas Kelas I Cipinang, Hendra Eka Putra, mengakui menyiapkan kamar untuk Novanto saat diketahui akan dititipkan dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Kelas I Cipinang. Hendra mengklaim ruang khusus tersebut disediakan karena Novanto menderita sakit. Karena hal tersebut pihak lapas memisahkan Novanto dari WBP lainnya.
 
"Jadi enggak ada perbedaan karena Novanto di situ enggak. Karena beliau sakit jantung dan komplikasi dari track record dari dokter kita harus dipilah nih, bukan dia sendiri aja di sana," ujar Hendra.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif